Roda Rusak, UTair Mendarat Gunakan Ekor

Hermansyah
Roda Rusak, UTair Mendarat Gunakan Ekor
Boeing 737 milik Utair Flight yang mendarat menggunakan ekornya, lantaran kerusakan roda

Moskow, HanTer - Sebuah pesawat Boeing 737 milik Utair Flight yang membawa 94 orang di dalamnya melakukan mengalami hard landing saat mendarat di  Bandara Usinsk Rusia, Minggu (9/2/2020), ksebuah kota di Republik Komi sekitar 1.500 kilometer dari Moskow. Beruntung tidak ada yang terluka dalam kecelakaan tersebut.

Dikatakan pilot pesawat itu, pesawat yang melakukan perjalanan dari Moskow, mengalami masalah pada roda pendaratan dan menabrak landasan dengan ekornya, disamping ternadinya geseran angin, perubahan tiba-tiba kecepatan dan atau arah angin.

“Selama hard landing di Bandara Usinsk karena masalah roda pendaratan, pesawat menabrak landasan dengan ekornya. Menurut data awal, tidak ada korban dari insiden itu,” kata sumber layanan darurat sebagaimana dikutip Sputnik.

Para penumpang telah meninggalkan pesawat, yang sekarang sedang diperiksa oleh pihak berwenang. Tidak jelas pada saat ini kerusakan seperti apa yang ditimbulkan pada pesawat oleh pendaratan yang keras. "Roda pendaratan utama pesawat rusak di pendaratan tetapi awak berhasil menghentikan pesawat di landasan pacu. Semua penumpang dan kru dengan aman meninggalkan pesawat," kata UTair dalam sebuah pernyataan.

Gambar-gambar yang diposting di situs web pemerintah daerah dan kementerian situasi darurat menunjukkan pesawat itu berbaring telungkup di atas landasan pacu yang sebagian tertutup salju. Hermansyah