Terpilihnya Thomas Kemmerich Sebagai PM, Merkel Hadapi Krisis Baru

Hermansyah
Terpilihnya Thomas Kemmerich Sebagai PM, Merkel Hadapi Krisis Baru
Kanselir Jerman Angela Merkel

Berlin, HanTer - Tokoh-tokoh senior dalam koalisi pemerintahan Jerman akan mengadakan pembicaraan krisis pada hari Sabtu (7/2/2020), sebagai tanggapan atas meningkatnya kemarahan, setelah perdana menteri negara dipilih dengan dukungan dari Alternatif sayap kanan Jerman (AfD) dan konservatif Kanselir Angela Merkel.

Pemilihan Thomas Kemmerich, seorang Demokrat Bebas Liberal (FDP) liberal yang kurang dikenal di negara bagian Thuringia, adalah yang pertama di mana seorang perdana menteri menang dengan dukungan AfD, menghancurkan konsensus pascaperang di antara pihak-pihak yang ditetapkan.

Dalam sebuah langkah yang membuat marah mitra koalisinya Sosial Demokrat (SPD), Demokrat Kristen Merkel (CDU) memihak AfD.

Anggota terkemuka dari koalisi nasional yang rawan krisis - ditempa antara kaum konservatif Merkel dan SPD karena kebutuhan pada tahun 2018 - dijadwalkan bertemu pada akhir pekan untuk membahas situasi tersebut. "Atas prakarsa SPD, komite koalisi akan bertemu pada hari Sabtu," kata pemimpin nasional SPD Norbert Walter-Borjans.

SPD sangat mengkritik pemilihan Kemmerich. "Berdosa dan memalukan, di mana Jerman secara keseluruhan berisiko dirusak kecuali ada pemilihan baru di Thuringia," tulis Sigmar Gabriel, mantan pemimpin SPD di Twitter pada hari Kamis (6/2/2020).

Alexander Dobrindt, seorang tokoh senior di Persatuan Sosial Kristen Bavaria (CSU), yakni partai saudara dari CDU Merkel, mengatakan kepada surat kabar regional Augsburger Allgemeine bahwa pemilihan Kemmerich adalah kesalahan besar dan bahwa konsekuensi logisnya adalah mengadakan pemilihan baru di Thuringia.

Pemimpin CDU Annegret Kramp-Karrenbauer telah menyerukan pada hari Rabu untuk pemungutan suara baru di Thuringia.

CDU dan semua partai mapan lainnya sebelumnya telah mengasingkan AfD atas apa yang mereka katakan adalah pandangan rasis yang dipegang oleh beberapa anggotanya.

SPD tidak mungkin meninggalkan koalisi nasional Merkel atas pemungutan suara di Thuringia tetapi analis mengatakan itu akan dilihat sebagai ujian otoritasnya. Hermansyah