Presiden China Pimpin Perang Melawan Virus Corona

Hermansyah
Presiden China Pimpin Perang Melawan Virus Corona
Rumah Sakit Huoshenshan yang dibangun pemerintah China hanya dalam sepuluh hari di Wuhan siap beroperasi melawan virus Corona

Beijing, HanTer - Sebuah rumah sakit baru yang dibangun hanya dalam sepuluh hari di kota Cina yang paling parah dihantam oleh wabah virus coronavirus akan segera mulai beroperasi.

Disetujui oleh Ketua Komisi Militer Pusat Xi Jinping, 1.400 staf medis dari angkatan bersenjata ditugaskan merawat pasien di Rumah Sakit Huoshenshan dengan 1.000 tempat tidur di Wuhan mulai Senin (3/2/2020) ini.

Ini adalah perkembangan terakhir dalam pertempuran kritis rakyat China melawan wabah coronavirus baru, dengan jumlah kasus yang dikonfirmasi secara kumulatif di daratan China mencapai 14.380 pada akhir pekan lalu.

Yang memimpin perang ini adalah Presiden Xi Jinping, juga sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok (CPC).

Di bawah kepemimpinan Xi, Cina telah mengambil langkah-langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengendalikan wabah, menyatukan personel medis nasional dan pasokan ke daerah-daerah yang paling parah, membangun rumah sakit baru, memperpanjang liburan Tahun Baru Imlek China, menunda tanggal pembukaan sekolah dan bisnis, serta memaksakan pembatasan perjalanan.

"Negara ini sedang mengalami periode puncak dari kasus yang dikonfirmasi. Dengan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian, jumlah infeksi di masa depan akan berkurang secara signifikan," kata Li Lanjuan, seorang ahli epidemiologi Tiongkok yang terkenal.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan langkah-langkah China tidak hanya melindungi rakyatnya, tetapi juga melindungi rakyat di seluruh dunia. "Bimbingan dan penempatan pribadi Presiden Xi menunjukkan kemampuan kepemimpinannya yang luar biasa," kata Tedros.


PRIORITAS UTAMA
Selama beberapa minggu terakhir, Xi telah mengadakan beberapa pertemuan, mendengar laporan dan membuat instruksi penting tentang upaya pencegahan dan pengendalian. Pesannya sangat jelas: orang selalu didahulukan.

Sebelum Tahun Baru Imlek China, ketika epidemi menyebar, Xi memerintahkan upaya tegas untuk mengekang penyebarannya, menekankan kehidupan dan kesehatan masyarakat sebagai prioritas utama.

Pada 25 Januari, hari pertama Tahun Baru Imlek China, Xi memimpin rapat Komite Tetap Biro Politik Komite Pusat CPC. Dia menegaskan kembali menempatkan kehidupan dan kesehatan masyarakat sebagai prioritas utama dan memerintahkan komite Partai dan pemerintah di semua tingkatan untuk mengambil pencegahan dan pengendalian wabah coronavirus baru sebagai tugas yang paling penting.

Pada 27 Januari, dalam sebuah instruksi kepada organisasi Partai, anggota dan pejabat, Xi meminta mereka untuk mengingat bahwa kepentingan rakyat adalah prioritas tertinggi dalam pertempuran yang sulit saat ini.

Xi mengatakan dalam sebuah instruksi kepada militer bahwa pencegahan dan pengendalian epidemi tetap suram dan kompleks dan menuntut angkatan bersenjata memikul tanggung jawab mereka, berperang keras dan secara aktif membantu pemerintah daerah dalam memerangi epidemi.

Mengikuti perintah terpadu dan menyatukan upaya-upaya dari semua sektor adalah kunci untuk pertempuran China melawan wabah virus corona yang baru.

Pada pertemuan 25 Januari dari Komite Tetap Biro Politik Komite Pusat CPC, sebuah kelompok terkemuka pusat dibentuk untuk membentuk komando terpadu guna mengawasi kerja pencegahan dan pengendalian di berbagai tempat.

Dalam instruksi 27 Januari, Xi meminta organisasi, pejabat, dan anggota Partai untuk menyatukan orang-orang secara tegas dalam mengimplementasikan keputusan dan pengaturan Komite Pusat CPC, untuk membiarkan bendera Partai "terbang tinggi di garis depan medan perang."

Pada 28 Januari, Xi memberi tahu Tedros bahwa China memiliki kepercayaan diri dan kemampuan penuh untuk memenangkan pertempuran melawan virus dengan upaya bersama, penahanan ilmiah, dan kebijakan yang ditargetkan di bawah kepemimpinan CPC yang kuat.

"Mekanisme tugas bersama berulang kali ditekankan. Itu akan membantu memperkuat pertahanan yang kuat terhadap wabah dengan partisipasi massa," kata Xi.


KERJASAMA INTERNASIONAL
Karena virus ini sangat menular, seluruh dunia mencari upaya pencegahan dan pengendalian. Xi menekankan pemberian informasi secara tepat waktu dan memperdalam kerja sama internasional.

Pertemuan 25 Januari Komite Tetap dari Biro Politik Komite Sentral CPC menggarisbawahi rilis informasi yang tepat waktu, akurat dan transparan untuk mengatasi masalah dari dalam dan luar negeri.

Xi memberi tahu Tedros bahwa Cina sangat mementingkan kerja sama dengan WHO. "China siap untuk bekerja dengan WHO serta komunitas internasional untuk menjaga keamanan kesehatan masyarakat regional dan global," kata Xi. Hermansyah

#Virus   #Coron   #China   #XIJinping