Warga Lebanon Unjuk Rasa Menentang Perdamaian Timur Tengah Trump

Hermansyah
Warga Lebanon Unjuk Rasa Menentang Perdamaian Timur Tengah Trump
Demo di depan Kedutaan Besar AS di Lebanon Mengecam Kesepakatan Abad ini

Beirut, HanTer - Ratusan pengunjuk rasa berdemonstrasi pada hari Minggu (2/2/2020) di dekat kedutaan besar AS di Awkar, Lebanon, menentang rencana perdamaian Timur Tengah yang diumumkan oleh Presiden AS Donald Trump, lapor Kantor Berita Nasional.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang pemerintah AS, dengan mengatakan bahwa penyebab Palestina adalah penyebab seluruh Timur Tengah.

Demonstran juga memegang bendera Lebanon dan Palestina sambil menyerukan kepada semua orang Arab untuk turun ke jalan guna memberontak serta melawan pengumuman Trump.

Protes berubah menjadi kekerasan ketika demonstran melemparkan batu ke pasukan keamanan yang menggunakan gas air mata yang menyebabkan pingsan dan sesak nafas di antara para demonstran.

Perdamaian Timur Tengah diresmikan Trump pada 28 Januari bersama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dari Gedung Putih yang juga dikenal sebagai "Kesepakatan Abad Ini," yang akan memberi Israel kendali penuh atas pemukiman dan mengakui Yerusalem sebagai "ibu kota Israel yang tidak terbagi". "

Pengumuman Trump mendorong ribuan warga Palestina untuk berdemonstrasi di Gaza menentang rencana tersebut.

Para pejabat tinggi Libanon juga mengkritik pengumuman itu termasuk Presiden Michel Aoun yang menyebut kepada Presiden Palestina Mahmoud Abbas, menyatakan "solidaritas Libanon dengan Palestina menghadapi Kesepakatan Abad Ini."