Inggris Sah Keluar dari Blok Uni Eropa

Hermansyah
Inggris Sah Keluar dari Blok Uni Eropa
Bendera Inggris Union Jack berkibar di luar Parlemen Eropa di Brussels, Belgia 30 Januari 2020.

Brussels, HanTer - Brexit menyelesaikan rintangan formal terakhirnya pada hari Kamis (30/1/2020), ketika 27 anggota Uni Eropa menyatakan menyetujui penarikan Inggris untuk meninggalkan blok itu yang dicapai pada Oktober lalu setelah lebih dari tiga tahun negosiasi yang berliku.

Dewan Eropa, yang menyatukan para kepala negara atau pemerintah UE dan menetapkan agenda kebijakan blok itu, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa keputusan itu diadopsi dengan prosedur tertulis. Kesepakatan itu disetujui dengan lebih banyak drama di Parlemen Eropa pada akhir debat emosional pada hari Rabu.

Anggota parlemen British Brexit Party bersorak dan melambaikan bendera mini Union Jack, sementara yang lain menyesalkan perceraian Inggris dari Uni Eropa pada 31 Januari setelah hampir setengah abad keanggotaan, banyak yang berjuang untuk menahan air mata.

Perjanjian penarikan akan mulai berlaku pada tengah malam waktu Brussels pada hari Jumat (31/1/2020), setelah itu Inggris tidak akan lagi menjadi negara anggota UE dan akan dianggap sebagai negara ketiga.

Namun, itu akan memasuki masa transisi hingga 31 Desember 2020, yang dirancang untuk memberikan lebih banyak waktu bagi warga negara dan bisnis untuk beradaptasi. Selama masa transisi, Inggris akan terus menerapkan hukum UE tetapi tidak lagi diwakili di lembaga-lembaga UE.