Kanada Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona

Hermansyah
Kanada Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona
Ilustrasi pasien yang menderita virus Corona

Toronto, HanTer - Kanada pada hari Sabtu waktu setempat atau Minggu (26/1/2020)  mengumumkan kasus pertama yang dikonfirmasi tentang virus korona yang mematikan pada seorang penduduk yang telah kembali dari pusat kota Wuhan di Cina, pusat penyebaran wabah penyakit virus.

Pejabat kesehatan Ontario mengatakan pada konferensi pers bahwa pasien tersebut adalah pria berusia 50-an, yang tiba di Toronto pada 22 Januari lalu dan dirawat di rumah sakit pada hari berikutnya setelah mengalami gejala penyakit pernapasan.

Barbara Yaffe, kepala petugas kesehatan Ontario, mengatakan kepada wartawan bahwa pria itu dirawat di rumah sakit umum, meski saat ini masih dalam kondisi stabil.

Pejabat kesehatan Ontario sedang menyelidiki rincian kontak pria itu dengan orang lain sejak tiba di Toronto.

Indikasi awal adalah dia membawa pulang kendaraan pribadi setelah tiba di bandara Toronto dan kemudian paramedis membawanya ke rumah sakit.

Para pejabat kesehatan mengatakan itu adalah situasi keluarga yang relatif kecil, meskipun mereka menolak untuk memberikan nomor, dan ada sangat sedikit melalui kontak. Mereka mengatakan anggota keluarganya telah dikucilkan.

Para pejabat mengatakan hasil dari laboratorium provinsi membenarkan kasus positif tiba lebih awal pada hari Sabtu. Setelah hasil dari laboratorium lokal dikonfirmasi oleh Laboratorium Mikrobiologi Nasional Kanada, kasus tersebut akan dinyatakan sebagai kasus pertama yang dikonfirmasi oleh virus Corona.

Kanada sangat waspada untuk mencegah penyebaran virus Corona dan menghindari pengulangan SARS, atau Sindrom Pernafasan Akut Parah, yang menewaskan 44 orang di Kanada, satu-satunya negara di luar Asia yang melaporkan kematian akibat virus itu pada 2002-2003. Pejabat kesehatan pemerintah mengatakan Kanada lebih siap saat ini.

Virus Corona yang mematikan telah menginfeksi lebih dari 1.975 orang dan menewaskan sedikitnya 56 di China. Virus ini telah menyebar ke beberapa negara termasuk Amerika Serikat, Thailand, Korea Selatan, Jepang, Australia dan Prancis.

#Kanada   #Virus   #Corona   #China