Jajak Pendapat Ketiga Menunjukkan Partai PM Irlandia Tertinggal

Hermansyah
Jajak Pendapat Ketiga Menunjukkan Partai PM Irlandia Tertinggal
Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar 

Dublin, HanTer - Partai Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar mengikuti saingan utamanya menjelang pemilihan umum pada 8 Februari mendatang di mana jajak pendapat ketiga berturut-turut menunjukkan pada hari Minggu (26/1/2020), dengan data menunjukkan beberapa pemilih mempercayainya pada masalah utama perumahan dan kesehatan.

Jajak pendapat Sunday Business Post / Red C menunjukkan dukungan untuk partai Fine Gael Varadkar telah turun tujuh poin persentase menjadi 23% sejak jajak pendapat terakhir pada November, sementara rekan saingan kanan-tengah Fianna Fail naik dua poin menjadi 26%.

Ini adalah pertama kalinya partai Varadkar jatuh di belakang saingannya dalam seri jajak pendapat sejak ia berkuasa pada tahun 2017. Dua jajak pendapat utama lainnya yang diterbitkan sejak awal kampanye menunjukkan partai itu tertinggal 12 dan 2 poin masing-masing.

Sementara Fine Gael telah dipuji atas penanganan negosiasi Brexit dan mengawasi pertumbuhan ekonomi yang kuat selama bertahun-tahun, jajak pendapat tersebut mengindikasikan beberapa pemilih mempercayai partai tersebut mengenai masalah perumahan dan kesehatan yang telah mendominasi kampanye sejauh ini.

Jajak pendapat menunjukkan hanya 12% merasa Fine Gael adalah pihak terbaik yang diperlengkapi untuk menangani krisis perumahan Irlandia selama lima tahun ke depan, setengah dari mereka yang memilih Fianna Fail.

Jajak pendapat menunjukkan partai nasionalis Irlandia sayap kiri Sinn Fein naik delapan poin menjadi 19% dalam jajak pendapat, sementara Partai Hijau naik satu poin menjadi 8%.

Dengan tidak adanya pihak yang dekat dengan dukungan yang dibutuhkan untuk mayoritas, setidaknya dua pihak kemungkinan akan perlu bekerja sama untuk membentuk pemerintahan.

Survei terhadap 1.000 calon pemilih dilakukan antara 16 Januari dan 22 Januari.