Jerman Konfirmasi Kasus Flu Burung H5N8 pada Unggas Liar

Hermansyah
Jerman Konfirmasi Kasus Flu Burung H5N8 pada Unggas Liar
Ilustrasi angsa terkait flu burung H5N8 di Hamburg, Jerman

Hamburg, HanTer - Satu kasus flu burung H5N8 telah dikonfirmasi pada seekor unggas liar di negara bagian Brandenburg, Jerman timur, kata pihak berwenang Jerman, Senin (20/1/2020). Namun kata kementerian pertanian setempat dalam sebuah pernyataan, tidak ada burung di peternakan yang terlibat. 

Kementerian perlindungan kesehatan dan konsumen di negara bagian Brandenburg menambahkan bahwa kasus itu melibatkan flu burung tipe H5N8 yang ditemukan di angsa liar di wilayah Spree-Neisse dekat perbatasan dengan Polandia.

Serangkaian wabah penyakit, yang di masa lalu telah menyebabkan gangguan besar dan program pemotongan di industri unggas Eropa, telah dilaporkan di Eropa dalam beberapa minggu terakhir.

Kasus flu burung telah muncul di empat negara Eropa tengah yaitu Slovakia, Polandia, Hongaria, dan Republik Ceko sejak akhir tahun lalu. "Pihak berwenang yang bertanggung jawab di Brandenburg telah bereaksi dan mengintensifkan pemantauan burung liar dengan fokus pada burung yang tinggal di dekat air," kata kementerian pertanian. 

Kementerian meminta peternak unggas untuk secara ketat mematuhi langkah-langkah bio-keamanan untuk melindungi ternak mereka dari penyakit. "Tugas di Jerman sekarang adalah mencegah penyebaran penyakit ke peternakan burung," kata kementerian itu. Hermansyah

#FluBurung   #H5N8   #Jerman   #Hamburg