Jelang Pertemuan World Economic Forum (WEF) di Swiss

Trump Dapatkan Keamanan Ekstra di Swiss

Hermansyah
Trump Dapatkan Keamanan Ekstra di Swiss
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Davos, HanTer - Ratusan pemrotes yang menyerukan para pemimpin global untuk mengambil tindakan lebih cepat terhadap perubahan iklim, akan menghadapi setidaknya 5.000 personel militer dan polisi dari seluruh Swiss ketika mereka berbaris ke resor ski Davos untuk demonstrasi yang direncanakan.

Greta Thunberg, aktivis Swedia berusia 17 tahun, akan menghadiri pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) yang akan dihadiri oleh para pemimpin bisnis dan politik global, di mana Presiden AS Donald Trump adalah pembicara utamanya.

Pertemuan edisi ke-50 ini sekaligus menjadi ajang kembalinya Trump setelah ia menarik diri pada 2019.

Jet tempur, sistem pertahanan darat dan radar tambahan, di antara langkah-langkah lainnya, akan melindungi sekitar 3.000 peserta pada pertemuan itu, kata pejabat kepolisian Swiss, Senin.

"Berbagai orang di dunia berada di bawah ancaman besar, jika Anda bisa mengatakannya seperti itu, dan di mana pun mereka muncul, mereka layak mendapatkan langkah-langkah keamanan yang sepadan," Walter Schlegel, komandan polisi regional, mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin (20/1/2020).

"Presiden AS memiliki detail keamanan besar yang harus dikerahkan," kata Schlegel.

Trump diperkirakan akan hadir pada hari Selasa dan Rabu, saat sidang berlangsung di Senat AS, di mana anggota parlemen akan memutuskan apakah ia harus dicopot dari jabatannya.

Para demonstran diatur untuk mencapai Davos dengan jalur hiking dan dengan kereta api setelah pihak berwenang melarang lalu lintas pejalan kaki di jalan menuju Davos dari desa tetangga Klosters.

Untuk memulai pawai tiga hari mereka pada hari Minggu, beberapa pemrotes mengenakan kostum beruang koala untuk menarik perhatian pada kebakaran semak-semak Australia yang intensitas kehancurannya telah dikaitkan oleh para ilmuwan terhadap perubahan iklim yang ekstrim.