Emir Qatar Tekankan Dialog Tentang Isu Regional

Hermansyah
Emir Qatar Tekankan Dialog Tentang Isu Regional
Pertemuan Emir Qatar dengan Iran di Teheran

Teheran, HanTer - Emir Qatar dalam sebuah pesan merujuk pada pertemuannya dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan menekankan pentingnya mengadakan pembicaraan untuk mengurangi ketegangan di wilayah tersebut.

"Kunjungan ini datang pada waktu yang sensitif di wilayah ini. Kami telah sepakat dengan saudara-saudara dan juga Presiden bahwa satu-satunya solusi untuk krisis ini adalah pertama-tama pelonggaran dari semua dan dialog adalah satu-satunya solusi untuk krisis ini," kata Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani tweeted pada hari Senin (13/1/2020).

Sebelumnya, Hamad Al Thani mengatakan bahwa negaranya tidak pernah melupakan sikap dan bantuan Iran di masa-masa sulit.

Emir Qatar tiba di Iran pada hari Minggu untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat senior Iran.

Selama pertemuan dengan Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Ayatollah Sayyid Ali Khamenei, Sheikh Hamad Al Thani selanjutnya berterima kasih atas bantuan, dukungan, dan sikap Republik Islam Iran dalam menghadapi sanksi yang dijatuhkan pada Qatar.

Ayatollah Khamenei juga menganggap situasi Asia Barat saat ini tidak menguntungkan dan kemudian mengatakan jika situasi yang tidak menguntungkan di kawasan ini disebabkan oleh kehadiran Amerika Serikat dan kelompok-kelompoknya dan satu-satunya solusi untuk melawannya adalah mengandalkan kerja sama di antara negara-negara di kawasan ini.