Iran Tangkap Utusan Inggris atas Kehadirannya dalam Pertemuan Ilegal

Hermansyah
Iran Tangkap Utusan Inggris atas Kehadirannya dalam Pertemuan Ilegal
Duta Besar Inggris untuk Teheran Rob Macaire

Teheran, HanTer - Kementerian Luar Negeri Iran pada hari Minggu (12/1/2020), memanggil Duta Besar Inggris untuk Teheran Rob Macaire karena kehadirannya yang ilegal dalam pertemuan ilegal yang berlangsung di Teheran.

Menurut kantor Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, keluhan resmi Iran telah dikomunikasikan kepada Macaire dan kepada pemerintah Inggris.

Diplomat Inggris diingatkan bahwa kehadiran duta besar asing dalam pertemuan ilegal tidak ada hubungannya dengan tanggung jawab mereka sebagai perwakilan politik negara itu dan menentang Konvensi Wina 1961 tentang Hubungan Diplomatik. Pemerintah Inggris juga harus menguraikan hal ini.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi dalam sebuah pesan menguraikan alasan di balik penangkapan Macaire, mengatakan ia ditangkap sebagai orang asing dalam pertemuan ilegal.

"Dia tidak ditahan, tetapi ditangkap sebagai orang asing yang tidak dikenal dalam pertemuan ilegal," tulis Araghchi pada hari Minggu dalam menanggapi Perwakilan Tinggi Uni Eropa Josep Borrell yang mengatakan: "Sangat prihatin dengan penahanan sementara Duta Besar Inggris @HMATehran di Iran. "

"Ketika polisi memberi tahu saya seorang pria ditangkap yang mengaku sebagai Amb Inggris, saya berkata TIDAK MUNGKIN! Baru setelah percakapan telepon saya dengannya saya mengidentifikasi, karena sangat terkejut, bahwa itu dia. 15 menit kemudian dia bebas," tambahnya.

Beberapa anggota parlemen mendesak Kementerian Luar Negeri untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan terhadap langkah duta besar Inggris, yang mereka katakan bertentangan dengan semua norma internasional.