Putin Minta Assad Undang Trump Kunjungi Damaskus

Hermansyah

Moskow, HanTer - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan selama kunjungannya ke Damaskus bahwa rekannya dari Suriah Presiden Bashar Assad harus mengundang Presiden AS Donald Trump.

Dalam wawancaranya dengan program TV Moscow di Saluran TV Rossiya-1 pada hari Minggu (12/1/2020), pemimpin Rusia menyatakan kesiapannya untuk mengirim undangan ini kepada presiden AS.

Selama kunjungan Putin ke Suriah, Assad berbicara tentang Paus Paulus, yang pertobatannya terjadi di jalan menuju Damaskus. Pemimpin Suriah bercanda bahwa "jika Trump menempuh jalan itu, dia akan baik-baik saja."

Putin menyarankan untuk mengundang Trump ke Damaskus dengan mengatakan bahwa ia akan membantunya. "Undang dia dan dia akan datang," kata Putin.

Assad menyuarakan kesiapan untuk melakukan itu dan Putin berkata: "Aku akan memberitahu ini."

Putin berkunjung ke Damaskus pada hari Selasa. Pemimpin Rusia bertemu dengan Presiden Suriah Bashar Assad di komando Rusia di Suriah. Kedua pemimpin mendengarkan laporan militer tentang situasi di wilayah negara itu. Kemudian mereka mengadakan pembicaraan bilateral. Para presiden juga mengunjungi Masjid Umayyah, juga dikenal sebagai Masjid Agung Damaskus.

Kemudian Putin mengunjungi sebuah gereja Ortodoks di Damaskus, Katedral Mariamite, di mana ia bertemu dengan Patriark John X, Patriarkh Ortodoks Yunani Antiokhia dan All The East.