11 Orang Tewas Saat Badai Hebat Menyapu AS Selatan

Hermansyah
11 Orang Tewas Saat Badai Hebat Menyapu AS Selatan
Mobil yang terguling akibat sapuan badai di Alabama 

Alabama, HanTer - Badai hebat yang melanda AS selatan menewaskan sedikitnya 11 orang, kata pihak berwenang, ketika tornado dan angin kencang menghancurkan mobil, rumah-rumah dan meninggalkan puluhan ribu orang tanpa listrik.

Badai menghantam bagian selatan pada hari Jumat dan diperkirakan akan bergerak ke timur dan utara pada hari Minggu waktu setempat, menurut Layanan Cuaca Nasional, yang mengeluarkan peringatan banjir dan tornado untuk beberapa negara.

Di antara yang tewas adalah seorang polisi dan petugas pemadam kebakaran yang ditabrak oleh sebuah kendaraan di Texas setelah dipanggil untuk menanggapi kecelakaan lalu lintas dalam kondisi dingin, kata pihak berwenang setempat.

Di Louisiana, mayat pasangan ditemukan pada hari Sabtu di dekat rumah mobil mereka yang hancur setelah dilanda badai pada malam sebelumnya, kata Bill Davis dari kantor sheriff county.

"Ini benar-benar terguling. Itu tampak seperti beberapa ratus kaki ke halaman belakang. Puing-puing sudah berakhir. Ini merupakan situasi yang menyedihkan," kata Davis, menurut saluran televisi lokal KTBS 3.

Layanan Cuaca Nasional mengatakan tiga orang dipastikan tewas pada hari Sabtu di Alabama, di mana saluran lokal WHNT News 19 menunjukkan bangunan-bangunan menjadi puing-puing.

Struktur lain memiliki bagian atapnya yang robek dan kabel listrik yang putus bertebaran di seberang jalan.

Badai menyebabkan lebih dari 200.000 orang tanpa listrik pada Minggu pagi, situs web poweroutage.us mengatakan, dengan North Carolina dan Alabama di antara daerah-daerah yang terkena dampak terburuk.