Rouhani Minta Eropa Tidak Kecewakan Iran

Hermansyah
Rouhani Minta Eropa Tidak Kecewakan Iran
Presiden Iran Hassan Rouhani

Teheran, HanTer - Presiden Iran Hassan Rouhani dalam percakapan telepon dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada hari Kamis (9/1/2020) mengatakan bahwa Uni Eropa seharusnya tidak membiarkan Iran menjadi benar-benar kecewa terhadap Eropa.

Presiden Rouhani meminta Eropa untuk mengambil sikap independen terhadap Washington. "Kesalahan perhitungan bencana dan berbahaya AS tentang Iran disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang Iran serta wilayah," ia menggarisbawahi.

Presiden Iran menyerukan untuk meningkatkan kerja sama dengan Uni Eropa, mencatat kedua belah pihak harus mengambil peluang dalam hal ini. "AS memberlakukan sanksi keras terhadap Iran," katanya, menambahkan bahwa negara itu bahkan melakukan terorisme ekonomi terkait obat-obatan dan nutrisi.  

Presiden Rouhani lebih lanjut mencatat bahwa AS telah melanggar Hukum Internasional dengan membunuh Letnan Jenderal Qasem Soleimani. Ia juga meminta Eropa untuk bereaksi terhadap tindakan teroris Amerika Serikat.

"Iran dan Eropa berusaha untuk menjaga stabilitas serta memperkuat implementasi JCPOA," ia menegaskan.

Presiden Rouhani melanjutkan dengan mengatakan bahwa penting bagi Iran untuk menyaksikan Eropa, Cina dan Rusia dapat memainkan peran mereka dalam melestarikan JCPOA yang akan mempertahankan kepentingan Iran.

"Menurunkan komitmen di bawah JCPOA dengan mengambil 5 langkah adalah untuk mencapai keseimbangan," katanya, mencatat bahwa Iran akan melanjutkan kerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) seperti sebelumnya.  

Presiden Dewan Eropa Charles Michel, pada bagiannya, mengatakan bahwa 10 tahun negosiasi telah terbayar dalam bentuk JCPOA, menambahkan Uni Eropa akan berusaha untuk mempertahankan perjanjian tersebut.

"Eropa telah mencoba yang terbaik untuk memainkan peran kunci dalam menangani masalah-masalah global dan regional," ia menegaskan.

Eropa telah meminta AS beberapa kali untuk mengakhiri eskalasi di kawasan itu, Michel menunjukkan.

Dia meminta pihak-pihak untuk menahan diri, berterima kasih kepada Iran atas kerjasamanya dengan IAEA meskipun telah mengurangi komitmen nuklirnya.