Satelit Rusia Pantau Iran Setelah Serangan Terhadap Pangkalan AS

Hermansyah
Satelit Rusia Pantau Iran Setelah Serangan Terhadap Pangkalan AS
Foto satelit Badan Antariksa Rusia Roscosmos

Moskow, HanTer - Badan Antariksa Rusia Roscosmos berencana menggunakan satelitnya untuk memantau situasi di Iran menyusul serangan rudal baru-baru ini terhadap pangkalan AS di Irak dan kecelakaan Boeing Ukraina, menurut sebuah pernyataan yang dipublikasikan di situs web organisasi tersebut pada hari Kamis (9/1/2020).

Kecelakaan tragis itu melibatkan Boeing 737-800 Ukraina, menuju Kiev, dan terjadi pada hari Rabu di dekat Bandara Internasional Imam Khomeini Teheran tak lama setelah tinggal landas. Semua 176 orang di dalamnya tewas.

Pada hari yang sama, Korps Pengawal Revolusi Islam Iran memulai operasi untuk membalas terhadap AS karena membunuh salah satu jenderal topnya, Qasem Soleimani, di Irak, meluncurkan puluhan rudal di pangkalan udara Ain Al Asad dan Erbil. Serangan itu tidak menimbulkan korban.

Pernyataan tersebut, yang memberikan informasi terbaru tentang operasi pemantauan satelit Roscosmos, juga mengatakan bahwa badan tersebut berencana untuk memantau kebakaran hutan Australia, dan banjir di Indonesia, Israel, dan kota Italia di Venesia, di antara bencana alam lainnya.