Mundurnya Harry Dan Meghan Dari Kerajaan Guncang Monarki Inggris

Hermansyah
Mundurnya Harry Dan Meghan Dari Kerajaan Guncang Monarki Inggris
Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle

London, HanTer - Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle memutuskan untuk mundur dari keluarga kerajaan sekaligus kepada segenap tugas yang melekat kepada mereka dengan alasan ingin bekerja dan mandiri secara finansial. Keputusan itu mengguncang monarki Inggris pada hari Kamis (9/1/2020), di mana media setempat melaporkan jika keduanya menentang Ratu Elizabeth II.

Pasangan itu mengatakan mereka sekarang akan menyeimbangkan waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara, dalam sebuah pengumuman yang mengejutkan bagi Istana Buckingham.

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota 'senior' dari keluarga kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu. Kami telah memilih untuk melakukan transisi tahun ini dalam mulai mengukir peran baru yang progresif dalam lembaga ini," kata mereka.

"Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membangkitkan putra kami dengan apresiasi atas tradisi kerajaan tempat ia dilahirkan, sementara juga memberi keluarga kami ruang untuk fokus pada bab berikutnya, termasuk peluncuran entitas amal baru kami," tulis mereka di Instagram.

Dalam tanggapan singkat beberapa saat kemudian, sebuah pernyataan istana mengatakan diskusi dengan Harry dan Meghan pada tahap awal. "Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi ini adalah masalah rumit yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan," kata istana.

Laporan-laporan media mengatakan bahwa pasangan itu membuat pernyataan mengejutkan mereka - dirilis di situs web mereka sendiri, akun Instagram dan melalui sistem komunikasi email Buckingham Palace - tanpa memberi tahu nenek Harry, raja, atau ayah, pewaris takhta Pangeran Charles.

Koran London Standard Evening mengatakan mereka telah "menentang instruksi yang jelas dari Ratu" untuk tidak mengumumkan rencana masa depan pada saat ini.

Pihak istana menambahkan jika telah memperingatkan pasangan itu dan akan dihukum karena ini. Suasana di istana dipahami sebagai salah satu kekecewaan dan bahkan "sakit", menurut BBC, sementara surat kabar Kamis penuh dengan laporan keluarga terpecah.

Sementara itu Madame Tussauds London mengatakan pihaknya memindahkan lilin dari pasangan itu dari tokoh-tokoh keluarga lainnya, untuk mencerminkan perubahan yang akan datang dalam garis kerajaan ke atas.

Pakar kerajaan Richard Fitzwilliams mengatakan Harry dan Meghan mengumumkan langkah ini tanpa restu ratu adalah sebuah langkah yang luar biasa. "Ini gejala, jelas, dari fakta bahwa mereka tidak bahagia dengan peran kerajaan dan merasa sangat tertekan. Mereka memilih untuk pergi. Hasilnya, oleh karena itu, bisa memiliki konsekuensi yang sangat serius," katanya kepada AFP.

Keputusan pasangan itu menyusul tahun yang bergejolak, di mana mereka mengaku berjuang dalam sorotan dan tumbuh terpisah dari saudara lelaki Harry, Pangeran William. Mereka juga mengeluhkan liputan berita negatif dan membawa beberapa surat ke pengadilan.

Analis kerajaan mengatakan perubahan itu belum pernah terjadi sebelumnya bagi anggota keluarga senior. "Kami ingin mereka sebagai anggota keluarga kerajaan melakukan beberapa tugas resmi tetapi juga beroperasi secara pribadi, dan sebenarnya tidak ada preseden untuk itu," kata pakar Victoria Murphy.

Warga Inggris yang melewati Istana Buckingham pada hari Kamis tampak terkejut mendengar berita itu. "Mereka berdua tahu apa yang mereka hadapi dan saya pikir mereka perlu memenuhi tantangan itu," kata Roger Sainsbury, anggota angkatan bersenjata.

Pangeran Harry (35), dan istrinya Meghan (38), adalah di antara anggota inti keluarga kerajaan dan, bersama dengan William dan istrinya, Kate, dipandang sebagai perwujudan masa depan monarki.

Mereka menghabiskan enam minggu selama Natal di Kanada setelah berbicara tentang tekanan menjadi sorotan pasca pernikahan dongeng mereka di Windsor Castle pada Mei 2018 dan kelahiran putra Archie 12 bulan kemudian. Mereka melewatkan Natal tradisional keluarga kerajaan di Sandringham, tanah pribadi sultan di Inggris timur, menghabiskan musim perayaan dengan ibu Meghan AS Doria Ragland.

Desas-desus bahwa semua tidak baik dengan Duke dan Duchess of Sussex muncul pada bulan Oktober ketika Harry - urutan keenam di tahta - mengakui bahwa dia dan William "berada di jalur yang berbeda" dan mengalami hari-hari baik dan buruk dalam hubungan mereka. 

Kondisi ini sebelumnya pernah dilakukan oleh anggota kerajaan Inggris sebelumnya yakni Putri Beatrice dan Putri Eugine. Keduanya memiliki pekerjaan tetap di luar tugas kerajaan. Namun, di saat bersamaan, mereka juga tetap bisa bekerja dan berkontribusi untuk mendukung kerajaan. Hermansyah