Protes-protes di Hong Kong Direncanakan pada Malam Natal

Hermansyah
Protes-protes di Hong Kong Direncanakan pada Malam Natal
Ilustrasi Hong Kong

Hong Kong, HanTer - Aksi-aksi unjuk rasa antipemerintah Hong Kong direncanakan diadakan di pusat-pusat perbelanjaan utama dan pawai "malam kudus" di sebuah lokasi wisata pada malam Natal, Selasa (24/12/2019), kendati polisi sudah memperingatkan akan bertindak tegas jika para pengunjuk rasa membuat kericuhan.

Polisi mengatakan mereka tidak akan menutup jalan di Distrik Tsim Sha Tsui, tempat sejumlah besar orang biasanya berkumpul pada malam Natal untuk melihat lampu-lampu Natal sepanjang kawasan yang membatasi Pelabuhan Victoria yang tersohor di kota itu.

Polisi juga menyatakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, sebagian besar jalan raya tidak akan ditutup untuk lalu lintas di distrik itu dan tidak akan ada personel polisi dalam jumlah besar jika tidak terjadi kericuhan.

"Personel polisi sebagaimana di masa lalu tidak akan ditempatkan dalam jumlah besar di sepanjang lokasi tepi laut," kata Superintenden Senior Wong Chi-wai kepada wartawan.

Forum-forum pemerotes di jejaring dalam mengatakan demonstrasi direncanakan di berbagai mal pada malam Natal sementara rencana lain ialah pawai di Tsim Sha Tsui dan dekat lokasi tepi laut.