Laporan: Hobi Bermain Golf Trump Bebani Pembayar Pajak Amerika 118 Juta US Dolar

Hermansyah
Laporan: Hobi Bermain Golf Trump Bebani Pembayar Pajak Amerika 118 Juta US Dolar
Presiden AS Donald Trump bermain golf di lapangan Ailsa di Trump Turnberry, barat daya Glasgow, Skotlandia, pada pada 14 Juli 2018 lalu

New York, HanTer - Hobi golf Presiden Donald Trump telah membuat pembayar pajak Amerika fenomenal 118 juta US dolar, setara dengan 296 tahun dari gaji presiden sebesar 400 ribu US dolar yang sering dibanggakannya yang tidak dia terima, menurut sebuah laporan.

Dari 118 juta US dolar yang telah dihabiskan untuk biaya perjalanan dan keamanan, setidaknya beberapa juta telah masuk ke kas register Trump sebagai agen Dinas Rahasia, pembantu presiden dan pejabat Gedung Putih menemani presiden ketika ia mengunjungi propertinya, Huffington Post melaporkan.

Namun, jumlah pastinya tidak dapat ditentukan karena Gedung Putih tidak mengungkapkan jumlah pembantu dan staf yang menginap di hotel dan lapangan golf Trump.

Trump, yang dimakzulkan pada hari Rabu oleh Dewan Perwakilan Rakyat karena penyalahgunaan kekuasaan, melakukan kunjungannya yang ke- 227 sebagai presiden ke salah satu lapangan golfnya di Florida.

Saat mencalonkan diri sebagai presiden, Trump berulang kali mengkritik Presiden Barack Obama karena bermain terlalu banyak golf, menjanjikan bahwa, jika terpilih, ia tidak akan bermain golf sama sekali.

Namun, Trump telah membuat rekor selama beberapa hari yang dihabiskan seorang presiden bermain golf saat menjabat.

Jika Trump terus bermain golf pada tingkat ini, ia akan bermain lebih banyak hanya dalam satu masa daripada yang dilakukan Obama selama delapan tahun masa kepresidenannya.

Berbeda dengan Trump yang terutama pergi ke resor di New Jersey dan Florida untuk bermain golf, Obama biasanya melakukan perjalanan ke lapangan golf di pangkalan militer hanya dengan perjalanan singkat dari Gedung Putih.

Itu membuat biaya perjalanan dan keamanan Trump jauh lebih tinggi daripada pendahulunya.  

Trump juga mengunjungi klub golfnya yang luas di Turnberry, Skotlandia; dan Doonbeg, Irlandia - semuanya dengan uang receh dari pembayar pajak.