Presiden China Kunjungi Pusat Perjudian Makau Di Dekat Hong Kong

Ant
Presiden China Kunjungi Pusat Perjudian Makau Di Dekat Hong Kong
Kunjungan Presiden China Xi Jinping ke Makau

Makau, HanTer - Presiden China Xi Jinping memulai kunjungan tiga hari ke pusat perjudian di Makau pada Rabu (18/12/2019) untuk menandai peringatan 20 tahun penyerahannya ke China, dengan keamanan ketat dan beberapa media dilarang masuk sementara aksi protes mengguncang Hong Kong di dekatnya.

Kunjungan Xi ke bekas jajahan Portugis, di mana ia diperkirakan akan mengumumkan sejumlah kebijakan pendukung, secara luas dipandang sebagai hadiah bagi stabilitas dan kesetiaan Makau, tidak seperti bekas jajahan Inggris Hong Kong, yang telah diguncang oleh protes anti-pemerintah selama enam bulan.

Xi, yang tiba dengan pesawat pada sore, diperkirakan akan mengumumkan langkah-langkah untuk Makau yang bertujuan mendiversifikasi ekonomi yang bergantung pada kasino sebagai pusat keuangan, termasuk bursa saham baru yang berdenominasi yuan.

Beberapa wartawan Hong Kong, termasuk seorang reporter penyiar RTHK, dilarang masuk ke Makau minggu ini karena masalah keamanan, kata RTHK di situs webnya.
Banyak orang media yang menghadapi pertanyaan panjang dan difoto ketika mereka tiba di kota, menurut seorang wartawan Reuters.

Pemerintah Makau tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kunjungan Xi, perjalanan resminya yang terpanjang ke Makau, akan mencakup pertemuan dengan pejabat pemerintah dan perwakilan bisnis, serta mengangkat sumpah pemimpin yang baru terpilih yang didukung Beijing, Ho Iat-seng, pada Jumat.

Makau kembali ke pemerintahan China pada 20 Desember 1999 dengan formula "satu negara, dua sistem" yang sama yang bertujuan menjaga otonomi seperti pemerintahan yang dijalankan di Hong Kong.

Sementara para pengunjuk rasa di Hong Kong, di seberang muara Sungai Mutiara, marah dengan apa yang mereka lihat sebagai Beijing melanggar kebebasan mereka, Makau telah melihat sedikit perbedaan pendapat.

Protes sangat jarang terjadi di wilayah ini dengan lebih dari setengah populasi 620.000 Makau berimigrasi dari Tiongkok dalam beberapa dekade terakhir.

Bendera dan spanduk ucapan selamat merah berkibar di sepanjang jalan dan di atas bangunan di sekitar kota sebagai persiapan untuk perayaan ulang tahun pada hari Jumat.

"Makau adalah yang terbaik, lebih baik daripada Hong Kong. Hong Kong telah diambil alih oleh para perusuh itu dan kita semua terpengaruh," kata seorang wanita 73 tahun yang bermarga Cheung.