Menandai Dimulainya Pekan Pertahanan Suci

Angkatan Bersenjata Iran Gelar Parade Militer

Hermansyah
Angkatan Bersenjata Iran Gelar Parade Militer
Sebuah tank sedang diarak di Teheran, Iran dalam Parade militer 22 September 2019

Teheran, HanTer - Angkatan Bersenjata Iran telah mulai mengadakan parade militer di seluruh negeri, termasuk di Teluk Persia, pada awal Pekan Pertahanan Suci, yang menandai peringatan perang Irak tahun 1980-88 yang dipaksakan.

Parade dimulai di seluruh negeri pada hari Minggu (22/9/2019), menandai hari ketika rezim diktator Irak Saddam Hussein melancarkan perang terhadap Iran 39 tahun lalu.

Pasukan dari Tentara Iran, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), Polisi, Penjaga Perbatasan, dan Basij berpartisipasi dalam parade, yang diadakan di Teheran dan 30 ibukota provinsi lainnya, serta di perairan Teluk Persia .

Presiden Iran Hassan Rouhani menyampaikan pidato sebelum parade dimulai di Teheran, dan Ketua Parlemen Ali Larijani berbicara di panggung di kota pelabuhan selatan Bandar Abbas.

Rudal permukaan dan hovercraft milik Angkatan Darat Iran dan IRGC berparade di Teluk Persia. Di atas mereka diterbangkan jet tempur dan helikopter Angkatan Darat dan pesawat IRGC. Jet tempur domestik pertama Iran Kowsar juga diterbangkan. Di ibukota Iran, pesawat militer juga diterbangkan di atas situs parade. Pasukan komando dan IRGC turun menggunakan parasut dari pesawat baik di Teheran dan Bandar Abbas.

Kekuatan militer Iran sedang dipertontonkan pada saat ketegangan yang diprakarsai oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi dengan Iran. AS telah berusaha untuk mengumpulkan koalisi maritim untuk berlayar di Teluk Persia menyusul tuduhan bahwa Iran telah menyabotase pengiriman minyak di jalur air. Teheran telah menolak tuduhan itu dan mengatakan koalisi semacam itu hanya akan meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Di antara peralatan militer yang dikembangkan sendiri yang dipamerkan selama parade di Teheran, sistem meriam Ha'el (Buffer) melakukan debutnya.

Ha'el, yang merupakan sistem pertahanan udara, memiliki radar pasif, memungkinkannya mendeteksi target dan memulai peluncuran tanpa terdeteksi sendiri. Ini mobile dan dirancang untuk mengambil target ketinggian rendah seperti rudal jelajah, drone yang mengganggu.

Drone tempur Kaman 12 (Bow 12) juga dipamerkan selama parade. Kaman 12 mampu membawa muatan empat bom 22,6 kilogram dan memiliki jangkauan penerbangan 1.000 kilometer. Sistem pertahanan rudal Bavar 373 (Belief 373) domestik juga diperlihatkan kepada publik untuk pertama kalinya pada hari Minggu. Sistem ini memiliki jangkauan maksimum lebih dari 200 kilometer dan ketinggian maksimum 27. Didesain agar kompatibel dengan fitur geografis Iran, ia lebih unggul dari padanan Rusia S-300 dan padanan Amerika Patriot. Hermansyah

#Iran   #Parade   #Militer