Gempa Turki dan Suriah, 3.825 Orang Tewas dan 15.000 Luka-luka

- Selasa, 7 Februari 2023 | 10:33 WIB
Gempa M 7,4 melanda Turki.  (Anadolu) (harianterbit)
Gempa M 7,4 melanda Turki. (Anadolu) (harianterbit)

HARIANTERBIT.com - Korban tewas akibat gempa yang mengguncang Turki dan Suriah terus bertambah. Kini, berdasarkan pembaruan data korban dari media-media asing, AFP, The Times, Sky News, AP dan BBC, Selasa (7/2/2023), jumlah korban tewas akibat gempa bumi di dua negara tersebut sudah mencapai lebih dari 3.825 orang tewas dan hampir 15.000 orang terluka.

Gempa dengan kekuatan 7,8 skala Richter yang terjadi di Turki dan Suriah dengan pusat gempa di kedalaman sekitar 17,9 kilometer (11 mil) di Turki pada pukul 04.17, Senin pagi 6 Februari 2023 waktu setempat, meluluhlantakkan lebih 5.000 bangunan.

Sebagian besar wilayah di Turki porak-poranda akibat gempa berkekuatan magnitude 7,8 tersebut.

Baca Juga: Erick Thohir: Dana Pensiun BUMN 65 Persen Terindikasi Bermasalah, KPK Langsung Turun Tangan

Orang-orang panik berlarian usai gempa susulan datang dan sama kuat dengan gempa pertama.

Laman harian terkemuka Turki, Hurriyet, menyebutkan daerah-daerah terparah tertimpa gempa dengan jumlah korban banyak adalah Pazarc─▒k, Elbistan dan Turoglu yang semuanya berada di Provinsi Kahramanmaras yang tepat di utara Provinsi Gaziantep yang berbatasan dengan Suriah.

Turki sendiri mengumumkan tujuh hari masa berkabung untuk menghormati para korban meninggal. Upaya penyelamatan terhambat oleh badai salju musim dingin yang menutupi jalan-jalan utama dengan es dan salju.

Para pejabat setempat mengatakan gempa membuat tiga bandara utama di daerah itu tidak dapat beroperasi, sehingga mempersulit pengiriman bantuan vital.

Gempa Susulan

Gempa susulan terus mengguncang Turki setelah bagian tengah dan tenggara negara ini, serta juga Suriah utara, dilanda gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,8.

Berdasarkan catatan laman badan cuaca dan geofisika Amerika Serikat (USGS), sampai pukul 13.51 waktu setempat atau 17.51 WIB, sudah sekitar 34 gempa susulan yang berkekuatan besar di atas Magnitudo 4 mengguncang wilayah tenggara negara yang menapak di dua benua itu.

Baca Juga: Dirjen Kemenkeu Isa Rachmatarwata Kembali Diperiksa Terkait TPPU

Gempa susulan berkekuatan besar ini memiliki skala antara paling rendah Magnitudo 4,2 sampai tertinggi Magnitudo 7,5.

Dunia Berduka

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan persatuan dan solidaritas nasional dengan menegaskan negaranya bisa menghadapi bencana akibat gempa bumi dahsyat berkekuatan Magnitudo 7,7 mengguncang negara itu pada Senin.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X