Korea Utara Eksekusi 3 Siswa SMA karena Nonton Drakor, Ini Serial yang Banyak Ditonton

- Senin, 5 Desember 2022 | 15:14 WIB
Korea Utara eksekusi 3 siswa SMA karena nonton Drakor. Berikut serial yang banyak ditonton di negara yang dipimpin Kim Jong Un ini. (Allkpop)
Korea Utara eksekusi 3 siswa SMA karena nonton Drakor. Berikut serial yang banyak ditonton di negara yang dipimpin Kim Jong Un ini. (Allkpop)

HARIANTERBIT.com – Pemerintah Korea Utara mengeksekusi 3 siswa SMA karena ketahuan menonton dan mengedarkan drama Korea.

Menurut outlet media, tiga siswa laki-laki sekolah menengah kedapatan menonton dan mengimpor drama Korea secara massal pada awal Oktober 2022.

Tindakan ketiga siswa tersebut dianggap melanggar karena pada Desember 2020, Korea Utara menerapkan undang-undang baru yang mengeksekusi siapa pun yang akan mengimpor atau mengedarkan audiovisual Korea Selatan.

Baca Juga: Curtain Call Episode 9: Terjadi Perubahan Besar Hubungan Park Se Yeon dengan Mantan Tunangan Bae Dong Jae

Karena rentang usia target pemirsa drama, undang-undang tersebut diberlakukan bahkan untuk anak di bawah umur. Sebelum kasus ini, Korea Utara diduga menahan hukuman bagi mereka yang masih di bawah umur.

Para siswa yang dieksekusi dilaporkan telah menonton beberapa episode acara televisi Korea dan Amerika. Mereka ditangkap pihak berwenang dalam upaya untuk mengedarkan rekaman tersebut di antara teman-teman mereka.

Baca Juga: Reborn Rich Menyalip Extraordinary Attorney Woo Jadi Drama Paling Banyak Ditonton 2022

Meski aturan yang begitu ketat di Korea Utara, tidak menyurutkan warga untuk menonton konten budaya Korea Selatan. Dikabarkan masih banyak beredar drama, Kpop yang digemari di kalangan penonton Korea Utara.

Menurut sumber media, ketika ditanya apakah mereka pernah mengonsumsi dan menikmati acara seperti drama hit Squid Game dan Crash Landing On You, lebih dari 96 persen responden Korea Utara menjawab ‘ya’.

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aksi Pembakaran Al Quran di Swedia Tuai Kecaman

Minggu, 22 Januari 2023 | 13:35 WIB

PM Selandia Baru Jacinda Arden Mengundurkan Diri

Kamis, 19 Januari 2023 | 10:49 WIB

Begini Raih Mimpi Master Program di Jepang

Kamis, 12 Januari 2023 | 23:27 WIB
X