Jonathan, Kura-Kura Tertua di Dunia, Rayakan Ulang Tahunnya ke-190

- Minggu, 4 Desember 2022 | 09:47 WIB
Jonathan, hidup di St Helena, sebuah pulau di Atlantik Selatan.
Jonathan, hidup di St Helena, sebuah pulau di Atlantik Selatan.

HARIANTERBIT.com – Saint Helena, sebuah pulau di Atlantik Selatan, diadakan perayaan ulang tahun hewan darat tertua di dunia yang masih hidup, yaitu seekor kura-kura raksasa berasal dari Seychelles bernama Jonathan, yang berusia 190 tahun.

Saint Helena menjadi tempat Jonathan menghabiskan sebagian besar hidupnya, menandai hari ulang tahunnya dengan membuka diri selama tiga hari bagi pengunjung yang ingin merayakan "tonggak bersejarah".

Para pejabat di pulau itu - sebuah wilayah luar negeri Inggris - juga telah membuat serangkaian perangko peringatan. Meskipun tidak ada catatan nyata tentang kelahirannya, Jonathan diperkirakan lahir sekitar tahun 1832.

Kepala pariwisata di St Helena, menyebut Jonathan kemungkinan berusia 200 tahun.

Baca Juga: Pele Masuk Rumah Sakit Lagi, Tulis Surat Menyentuh Begini

Menurut Guinness World Records, Jonathan juga merupakan chelonian tertua yang pernah ada, sebuah kategori yang mencakup semua kura-kura, terrapin, dan kura-kura.

Chelonian tertua sebelumnya adalah Tu'i Malila, seekor kura-kura radiated tortoise yang hidup setidaknya 188 tahun. Dihadiahkan kepada keluarga kerajaan Tonga oleh penjelajah Inggris Kapten James Cook pada sekitar tahun 1777, Tu'i Malila mati pada tahun 1965.

Di Helena, Jonathan adalah seorang selebriti. Hewan tua ini hidup bersama tiga kura-kura raksasa lainnya - David, Emma dan Fred.

Meskipun usia tua telah membuat Jonathan buta dan tidak memiliki indra penciuman, pendengarannya sangat baik. Menurut Guiness World Records, ia merespon dengan baik suara dokter hewannya.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Aksi Pembakaran Al Quran di Swedia Tuai Kecaman

Minggu, 22 Januari 2023 | 13:35 WIB

PM Selandia Baru Jacinda Arden Mengundurkan Diri

Kamis, 19 Januari 2023 | 10:49 WIB

Begini Raih Mimpi Master Program di Jepang

Kamis, 12 Januari 2023 | 23:27 WIB
X