• Selasa, 7 Februari 2023

Kemenangan Partai Republik Bakal Untungkan Rusia

Arbi Terbit
- Rabu, 9 November 2022 | 23:30 WIB
Pemilu paruh waktu AS. (AP/Cory Morse)
Pemilu paruh waktu AS. (AP/Cory Morse)

HARIANTERBIT.com – Pemilu paruh waktu di Amerika Serikat (AS) masih bergulir. Persaingan antara Partai Republik dan Demokrat berlangsung jauh lebih ketat dari yang diperkirakan untuk menguasai Kongres.

Selain itu, pemungutan suara diawasi dengan ketat oleh dua negara yang tengah berkonflik, yakni Ukraina dan Rusia, dengan keduanya mengukur bagaimana pemilu dapat berdampak terhadap situasi perang dan geopolitik.

Meskipun belum berkomentar secara terbuka, Moskow terlihat mendukung kemenangan bagi Partai Republik di paruh waktu dengan harapan bahwa pergeseran kekuatan besar dapat membawa perubahan dalam kebijakan luar negeri AS terhadap Ukraina.

Selain itu, dapat memperdalam gemuruh ketidakpuasan di antara Partai Republik atas dukungan keuangan besar-besaran yang diberikan AS kepada Kyiv untuk melawan Rusia.

Baca Juga: Pejabat Senior Rusia Tewas dalam Sebuah Kecelakaan

Dilansir CNN, Rabu (9/11/2022), sembilan bulan dalam konflik yang sedang berlangsung dan pemerintahan Biden kini telah memberikan lebih dari $18,9 miliar bantuan keamanan ke Ukraina, menurut angka terbaru Departemen Pertahanan AS.

Ada beberapa tanda bahwa dukungan bipartisan untuk bantuan yang sangat besar dan berkelanjutan seperti itu dapat berkurang, dengan Partai Republik terkemuka mulai mempertanyakan berapa lama sumbangan AS dapat berlanjut, terutama dengan latar belakang inflasi, potensi resesi, dan meningkatnya biaya hidup.

Salah satu tokoh Republik Kevin McCarthy mengatakan dalam sebuah wawancara pada bulan Oktober tidak akan ada "cek kosong" untuk Ukraina jika Partai Republik memenangkan mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat di paruh waktu.

Rusia dapat berharap bahwa pergeseran kekuasaan setelah pemilihan paruh waktu dapat menunjukkan sikap yang lebih dingin terhadap Ukraina.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

PBB: 22,6 Juta Warga Ethiopia Alami Kerawanan Pangan

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:15 WIB

Militer AS Tembak Jatuh Balon Mata-Mata China

Minggu, 5 Februari 2023 | 14:05 WIB

Penembakan Massal di AS Tewaskan 5 Orang Warga China

Sabtu, 28 Januari 2023 | 16:10 WIB

Aksi Pembakaran Al Quran di Swedia Tuai Kecaman

Minggu, 22 Januari 2023 | 13:35 WIB
X