• Kamis, 29 September 2022

Militer China Beri Sinyal Hentikan Latihan Perang di Sekitar Taiwan, Tapi Terus Patroli Rutin

- Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:27 WIB
Ilustrasi latihan militer (pixabay - military_material)
Ilustrasi latihan militer (pixabay - military_material)

HARIANTERBIT.com – Militer China memberi sinyal akan menghentikan latihan militer skala besar di sekitar Taiwan pada Rabu, 10 Agustus 2022. Tetapi mereka menegaskan akan terus melakukan patroli rutin.

China, yang marah atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei, Taiwan pekan lalu. China  memperpanjang latihan terbesarnya di sekitar pulau yang diklaim sebagai miliknya. Rencana semula latihan perang digelar hanya 4 hari, berakhir pada Minggu 7 Agustus 2022 lalu namun diperpanjang hingga saat ini.

Latihan pekan lalu termasuk peluncuran rudal balistik, beberapa di antaranya terbang di atas ibu kota pulau itu, Taipei. China juga menggelar simulasi serangan laut dan udara di langit dan perairan di sekitar Taiwan.

Baca Juga: 3 Zodiak Paling Setia Dengan Pacar Toxic, Asalkan Tak Jomblo

Dalam sebuah pernyataan singkat seperti dikutip dari CAN, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan serangkaian operasi militer gabungannya di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan, “berhasil menyelesaikan berbagai tugas dan secara efektif menguji kemampuan tempur terpadu pasukan".

“Pasukan teater akan mengawasi perubahan situasi di Selat Taiwan, terus melakukan pelatihan dan persiapan pertempuran, menyelenggarakan patroli kesiapan tempur secara teratur ke arah Selat Taiwan, dan dengan tegas mempertahankan kedaulatan nasional dan keutuhan wilayah. "

Tidak ada reaksi langsung dari Taiwan

Sebuah sumber yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut mengatakan kepada Reuters pada Rabu, kapal angkatan laut China tetap aktif di lepas pantai timur dan barat Taiwan.

Baca Juga: PS I Hate You Episode 4: Non Ketahuan Selingkuh!

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X