• Kamis, 29 September 2022

Latihan Militer China Berlanjut di Sekitar Taiwan, Fokus Operasi Anti-kapal Selam dan Serangan Laut

- Senin, 8 Agustus 2022 | 15:37 WIB
Ilustrasi kapal selam (pixabay - engin_akyurt)
Ilustrasi kapal selam (pixabay - engin_akyurt)

HARIANTERBIT.com - Latihan militer skala besar China berlanjut di sekitaran wilayah Taiwan, Senin 8 Agustus 2022. Latihan difokuskan pada operasi anti-kapal selam dan serangan laut.

Militer China mengumumkan latihan militer baru pada Senin di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan. Ini sehari setelah berakhirnya jadwal latihan terbesarnya untuk memprotes kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi pekan lalu ke Taipei.

Komando Teater Timur China, seperti dikutip dari kantor berita CAN, mengatakan akan melakukan latihan bersama yang berfokus pada operasi anti-kapal selam dan serangan laut.

Baca Juga: Usai Menembak, Bharada E Tak Tahu Apa yang Menimpa Brigadir J

Peristiwa ini membenarkan kekhawatiran beberapa analis keamanan dan diplomat,  Beijing akan terus mempertahankan tekanan pada pertahanan Taiwan.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan pekan lalu membuat marah China, yang menganggap pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu sebagai miliknya dan menanggapi dengan peluncuran uji coba rudal balistik di atas Taipei untuk pertama kalinya, serta membuang beberapa jalur dialog dengan Washington.

Durasi dan lokasi yang tepat dari latihan terbaru belum diketahui, tetapi Taiwan telah melonggarkan pembatasan penerbangan di dekat enam area latihan China sebelumnya di sekitar pulau itu.

Baca Juga: Rilis Lagu Baru Pink Venom, BLACKPINK Comeback 19 Agustus

Sesaat sebelum latihan terbaru diumumkan, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengunjungi St Vincent dan Perdana Menteri Grenadines Ralph Gonsalves, mengatakan dia tergerak oleh tekadnya untuk berkunjung meskipun ada tekanan militer China.

Halaman:

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X