• Rabu, 10 Agustus 2022

China Hentikan Dialog Militer Tingkat Tinggi dengan AS, Tangguhkan Kerja Sama Lainnya

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 06:11 WIB
Presiden  China Xi Jinping (instagram @chinaxinhuanews)
Presiden China Xi Jinping (instagram @chinaxinhuanews)

HARIANTERBIT.com – China mengumumkan menghentikan kerja sama dengan Amerika Serikat di sejumlah bidang, termasuk dialog antara komandan militer tingkat senior.

Ini dilakukan sebagai pembalasan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi pekan ini ke Taiwan.

Kementerian luar negeri China pada Jumat, 5 Agustus 2022 juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menghentikan pembicaraan iklim dengan Amerika Serikat, "pengabaian terhadap oposisi kuat China dan representasi keras" pada kunjungan Taiwan.

Baca Juga: Komnas HAM Kantongi Isi Percakapan di 10 HP Terkait Kasus Brigadir J

Ini juga akan menangguhkan kerja sama dengan Washington dalam memulangkan migran ilegal, bantuan peradilan dan kejahatan transnasional, serta tindakan anti-narkoba, demikian dikutip dari kantor berita CNA.

China memandang Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri dan demokratis sebagai bagian dari wilayahnya dan telah berjanji suatu hari akan mengambilnya, dengan paksa jika perlu.

Beijing bereaksi dengan ancaman dan latihan militer menjelang dan setelah kunjungan Pelosi, yang dilihatnya sebagai eskalasi hubungan yang tidak dapat diterima antara Washington dan para pemimpin Taiwan saat ini.***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Terkini

X