• Senin, 8 Agustus 2022

5 Rudal Balistik China Mendarat di ZEE Jepang, Menhan Kishi Nobou Protes Keras

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:50 WIB
Ilustrasi pesawat militer China
Ilustrasi pesawat militer China

HARIANTERBIT.com – Tokyo mengajukan protes ke Beijing, setelah beberapa rudal balistik China mendarat di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Jepang, di tengah latihan militer skala besar.

Ini diyakini sebagai kasus pertama kalinya proyektil yang ditembakkan China jatuh di dalam ZEE Jepang. Saat ini China sedang melakukan latihan militer skala besar.

"China tampaknya telah meluncurkan sembilan rudal balistik. Lima di antaranya diyakini telah mendarat di zona ekonomi eksklusif Jepang. Kami mengutuk keras tindakan tersebut, karena merupakan masalah serius mengenai keamanan Jepang dan keselamatan masyarakat Jepang." Kata Menteri Pertahanan Jepang Kishi Nobuo seperti dikutip dari NHK, Kamis 4 Agustus 2022.

Baca Juga: Taiwan Kecam Latihan Militer China: Tidak Sah dan Tidak Bertanggung jawab

Kishi mengatakan kepada wartawan bahwa China meluncurkan rudal balistik Kamis 4 Agustus 2022 sore, waktu Jepang. Sementara, tidak ada laporan tentang kerusakan yang disebabkan oleh peristiwa tersebut.

Kishi juga mengatakan  kementerian pertahanan Jepang dan Pasukan Bela Diri masih bekerja untuk mengumpulkan informasi dan memantau situasi.***

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

X