• Senin, 8 Agustus 2022

Taiwan Kecam Latihan Militer China: Tidak Sah dan Tidak Bertanggung jawab

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 15:31 WIB
Hubungan China - Taiwan memanas menyusul kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke pulau itu.
Hubungan China - Taiwan memanas menyusul kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke pulau itu.

HARIANTERBIT.com – China meluncurkan latihan militer tembakan langsung yang belum pernah terjadi sebelumnya di 6 wilayah Taiwan, Kamis 4 Agustus 2022.

Aksi tersebut dilakukan sehari setelah kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang dianggap Beijing sebagai wilayah kedaulatannya.

Segera setelah jadwal dimulai pada pukul 04.00 waktu setempat, penyiar CCTV negara China mengatakan latihan telah dimulai dan akan berakhir pada Minggu 7 Agustus 2022 pukul 04.00. Mereka melakukan tembakan langsung di perairan dan di wilayah udara sekitar Taiwan.

Baca Juga: Kementerian Pertahanan Taiwan Tuding Latihan Militer China Langgar Kedaulatan Pulau

Para pejabat Taiwan mengatakan latihan itu melanggar aturan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), menginvasi ruang teritorial Taiwan dan merupakan tantangan langsung untuk navigasi udara dan laut yang bebas.

Menurut Partai Progresif Demokratik yang berkuasa di Taiwan, seperti dikutip dari kantor berita CNA, China sedang melakukan latihan di jalur air dan rute penerbangan internasional tersibuk, "perilaku yang tidak bertanggung jawab dan tidak sah.”

Juru bicara Kabinet Taiwan, yang menyatakan kecaman serius atas latihan tersebut, juga mengatakan bahwa situs web kementerian pertahanan, kementerian luar negeri dan kantor kepresidenan diserang peretas.

Kapal angkatan laut dan pesawat militer China secara singkat melintasi garis tengah Selat Taiwan beberapa kali pada Kamis pagi, sumber Taiwan yang diberi pengarahan tentang masalah tersebut mengatakan kepada Reuters.

Baca Juga: China Umumkan Larangan Perdagangan Taiwan, Ketegangan Politik Meningkat

Pada Kamis siang, kapal-kapal militer dari kedua belah pihak tetap berada di daerah itu dan dalam jarak dekat.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

X