• Senin, 8 Agustus 2022

Junta Myanmar Eksekusi Mati Empat Aktivis Demokrasi dari Partai Suu Kyi

- Senin, 25 Juli 2022 | 12:06 WIB
Potret Kyaw Min Yu dan Phyo Zeya Thaw (Sumber Twitter @irrawaddyNews)
Potret Kyaw Min Yu dan Phyo Zeya Thaw (Sumber Twitter @irrawaddyNews)

HARIANTERBIT.com – Tokoh demokrasi, termasuk mantan anggota parlemen di partai Aung San Suu Kyi, dieksekusi mati setelah dituduh melakukan 'aksi teror'.

Dilansir dari theguardian.com, Junta Myanmar telah mengeksekusi empat tahanan, termasuk seorang mantan anggota parlemen dari partai Aung San Suu Kyi.

Media pemerintah mengatakan pada hari Senin, ini merupakan penggunaan hukuman mati pertama di negara itu dalam beberapa dekade.

Baca Juga: GKR NKRI Desak DPR Batalkan Pembahasan RUU KUHP

Phyo Zeya Thaw, mantan anggota parlemen dari Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) Suu Kyi yang ditangkap pada November, dijatuhi hukuman mati pada Januari karena pelanggaran di bawah undang-undang anti-terorisme.

Aktivis demokrasi terkemuka Kyaw Min Yu atau yang lebih dikenal sebagai “Jimmy” menerima hukuman yang sama dari pengadilan militer.

Dua pria lainnya dan dijatuhi hukuman mati karena membunuh seorang wanita yang diduga adalah informan junta di Yangon.

Keempatnya dieksekusi karena memimpin “aksi teror brutal dan tidak manusiawi”, kata surat kabar Global New Light of Myanmar. Surat kabar tersebut mengatakan eksekusi dilakukan "dibawah prosedur penjara" tanpa mengatakan kapan atau bagaimana keempat pria itu dibunuh.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Undang Pangeran Harry dan Meghan Markle ke Balmoral, Tapi Diam-diam

Junta telah menghukum mati puluhan aktivis anti-kudeta sebagai bagian dari bukti kekuasaan terhadap setiap orang yang dinilai menentang kekuasaan Junta Myanmar.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Terkini

X