• Jumat, 1 Juli 2022

Kata Kanselir Jerman, Putin Takut akan Percikan Demokrasi

- Selasa, 21 Juni 2022 | 10:23 WIB
Kanselir Jerman Olaf Scholz
Kanselir Jerman Olaf Scholz

Jakarta, HanTer - Presiden Rusia Vladimir Putin khawatir akan "percikan demokrasi" menyebar ke negaranya, kata Kanselir Jerman Olaf Scholz, seraya menambahkan bahwa ia mencoba untuk memecah Eropa dan kembali ke dunia yang didominasi oleh lingkungan pengaruh.

Scholz menanggapi pertanyaan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Muenchner Merkur, yang diterbitkan di situs web pemerintah pada hari Senin lalu tentang apakah Putin akan menerima Ukraina bergerak lebih dekat ke Uni Eropa.

Presiden Rusia harus menerima bahwa ada komunitas demokrasi berbasis hukum di lingkungannya yang tumbuh semakin dekat satu sama lain,” kata Kanselir Jerman Olaf Scholz. “Dia jelas takut percikan demokrasi menyebar ke negaranya,” tambahnya.

Komisi Eropa pekan lalu merekomendasikan agar Ukraina, yang memerangi invasi Rusia di Timurnya, diberi status kandidat untuk bergabung dengan Uni Eropa, sebuah langkah yang menurut Scholz juga didukungnya.

“Putin menginginkan Eropa yang terpecah dan kembali ke politik dengan pengaruh lingkungan. Dia tidak akan berhasil dalam hal ini," kata Scholz.

Pemimpin Jerman itu juga memperingatkan bahwa kenaikan harga energi kemungkinan akan berlangsung lama, dan menolak pernyataan Rusia bahwa pihaknya telah memotong aliran gas karena suku cadang yang diperlukan hilang akibat sanksi. "Penjelasan ini tidak masuk akal," katanya.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X