• Jumat, 1 Juli 2022

Rusia Tuntut Lithuania Cabut Larangan Transit Kereta Api di Wilayah Kaliningrad

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:47 WIB
Ilustrasi transit kereta api
Ilustrasi transit kereta api

Jakarta, HanTer - Moskow menuntut agar Vilnius mencabut larangannya pada transit kereta api barang ke eksklave Laut Baltik Kaliningrad, jika tidak, berhak untuk mengambil tindakan pembalasan, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada hari Senin (20/6/2022).

"Kami menunjukkan dalam hal ini bahwa jika transit barang antara wilayah Kaliningrad dan seluruh Rusia melalui Lithuania tidak sepenuhnya dipulihkan, Rusia berhak mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan nasionalnya," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan setelah memanggil Kuasa Usaha Lituania, Virginija Umbrasene.

Kementerian menekankan bahwa Rusia telah memprotes keras keputusan Lithuania. "Kami menuntut agar pembatasan segera dicabut," kata pernyataan itu.

Kementerian Luar Negeri mencatat bahwa Rusia memandang langkah itu sebagai permusuhan terbuka, menambahkan bahwa itu melanggar kewajiban hukum internasional Lituania, yaitu Pernyataan Bersama UE 2002 dan Federasi Rusia tentang Transit antara Wilayah Kaliningrad dan Federasi Rusia lainnya.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X