• Jumat, 1 Juli 2022

Barat Menggunakan Masalah Ukraina untuk Memperluas NATO

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:10 WIB
Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei saat menerima Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev (kanan) di Teheran.
Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei saat menerima Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev (kanan) di Teheran.

Jakarta, HanTer - Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei mengatakan Barat menggunakan masalah Ukraina untuk membuka jalan bagi perluasan lebih lanjut dari Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Ayatollah Khamenei membuat pernyataan dalam pertemuan dengan Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev yang berkunjung di Teheran. “Dalam kasus Ukraina, masalah utama adalah bahwa Barat bermaksud memperluas NATO dan mereka tidak akan kehilangan waktu untuk memperluas pengaruh mereka dimanapun mereka bisa,” kata Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.

“Berbagai masalah harus dipantau dengan cermat dan kita harus berhati-hati, karena Amerika dan Barat selalu berusaha untuk memperluas cakupan pengaruh mereka di berbagai wilayah, termasuk di Asia Timur dan Barat, dan menjegal kemerdekaan dan kekuatan negara lain di wilayah itu,” tambah pemimpin Iran itu.

Ia juga menyoroti hubungan sejarah dan budaya yang mendalam antara Iran dan Kazakhstan, menekankan perlunya untuk lebih memperluas kerja sama antara kedua negara, terutama yang berkaitan dengan kawasan.

Ayatollah Khamenei juga menyerukan lebih banyak koordinasi antara kedua negara sehubungan dengan masalah politik dan ekonomi, dengan mengatakan bahwa itu perlu untuk perluasan lebih lanjut dari hubungan bilateral.

Menekankan perlunya mengaktifkan komisi bersama antara Iran dan Kazakhstan, Ayatollah Khamenei mengatakan kedua negara harus meningkatkan upaya mereka untuk tindak lanjut dan implementasi perjanjian bilateral.

Sementara itu pada bagiannya, Presiden Kazakh mengatakan dia melakukan pembicaraan sangat baik dengan mitranya dari Iran, Ebrahim Raeisi, pada hari sebelumnya.

Tokayev menambahkan bahwa kedua belah pihak telah menandatangani perjanjian, yang dapat membantu lebih lanjut memperluas hubungan kedua negara.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X