• Jumat, 1 Juli 2022

Menlu Jerman Puji Dukungan Komisi Eropa atas Tawaran Uni Eropa untuk Moldova dan Ukraina

- Senin, 20 Juni 2022 | 20:09 WIB
Menteri luar negeri Jerman Annalena Baerbock
Menteri luar negeri Jerman Annalena Baerbock

Jakarta, HanTer - Menteri luar negeri Jerman Annalena Baerbock menyambut baik rekomendasi Komisi Eropa agar Ukraina dan Moldova diberikan status calon anggota Uni Eropa (UE).

Menurutnya, hal tersebut merupakan proses yang rumit secara logis tetapi tidak dapat diterima untuk bertindak berdasarkan formula.

"Ada kebutuhan untuk memanfaatkan momen bersejarah ini untuk menjelaskan kepada Ukraina sehubungan dengan prospeknya bahwa itu milik jantung Uni Eropa dan dengan demikian merupakan kandidat lama untuk bergabung dengan keluarga Eropa kami meskipun tantangan dan tujuan dari proses tersebut tentu saja luar biasa," kata Baerbock setibanya di pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Luksemburg.

Dia menambahkan bahwa hal yang sama berlaku untuk Moldova. "Kita perlu mencari tahu seperti apa situasi di Moldova saat ini. Pemerintah melakukan segala upaya tidak hanya untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai Eropa di negaranya, tetapi juga memperjelas bahwa mereka melakukan segala yang mungkin untuk mendukungnya. Ukraina dalam situasi ini," kata diplomat top Jerman itu.

"Inilah sebabnya kami menyambut baik keputusan Komisi Eropa yang disiapkan dalam beberapa hari terakhir," tegas Baerbock.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X