• Jumat, 1 Juli 2022

Zelenskyy Lakukan Kunjungan Pertama ke Mykolaiv yang Rusak Akibat Serangan Rusia

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 22:30 WIB
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat mengunjungi kota Mykolaiv di selatan
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat mengunjungi kota Mykolaiv di selatan

Jakarta, HanTer - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengunjungi kota Mykolaiv di selatan yang rusak akibat perang untuk pertama kalinya sejak invasi Rusia dalam perjalanan langka di luar Kyiv, pada hari Sabtu (18/6/2022).

Kantor Zelenskyy memublikasikan video dirinya melihat bangunan perumahan bertingkat tinggi yang rusak parah di kota dan mengadakan pertemuan dengan pejabat setempat.

Kunjungannya dilakukan sehari setelah serangan Rusia menewaskan dua orang dan melukai 20 orang di kota itu. Dalam video tersebut, Zelenskyy diperlihatkan kerusakan pada bangunan tempat tinggal oleh gubernur lokal Vitaliy Kim.

Bangunan tinggi itu memiliki lubang menganga, dengan bagian dalam apartemen terlihat. Sebuah trisula Ukraina biru dan kuning terlihat di salah satu jendela yang pecah.

Zelenskyy juga mengambil bagian dalam pertemuan dengan pejabat lokal di tempat yang tampak seperti ruang bawah tanah, memberikan penghargaan untuk keberanian.

Kantornya mengatakan mereka membahas keadaan ekonomi, pemulihan pasokan air dan situasi di bidang pertanian.“Perhatian khusus diberikan pada ancaman dari darat dan laut. Kami tidak berhenti bekerja untuk kemenangan,” bunyi pernyataan itu.

Mykolaiv telah menjadi sasaran pasukan Rusia sejak awal invasi mereka pada 24 Februari

Mykolaiv pun telah memegang pertahanan Ukraina selatan, karena terletak di jalan menuju pelabuhan Odesa yang strategis di Laut Hitam.

Kota ini terletak sekitar 100 kilometer (62 mil) barat laut Kherson, yang jatuh ke tangan pasukan Rusia pada minggu-minggu pertama perang.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X