• Jumat, 1 Juli 2022

Zakharova Sebut Barat Berusaha Menghancurkan pendiri WikiLeaks Julian Assange Selama Bertahun-tahun

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 22:10 WIB
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova

Jakarta, HanTer - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada hari Jumat waktu setempat mengatakan jika Barat selama bertahun-tahun berusaha untuk menghancurkan pendiri WikiLeaks Julian Assange sebagai pribadi.

Dia membuat pernyataan di televisi Zvezda ketika mengomentari keputusan Inggris untuk mengekstradisi Assange ke AS.

"Selama bertahun-tahun kita telah melihat bagaimana mesin liberal Barat ini, terutama Anglo-Saxon, melakukan hal favoritnya: penghancuran seseorang sebagai pribadi dan fisik. Sekarang ini terjadi lagi," kata Zakharova.

"Kami melihat bagaimana dia dipaksa untuk tinggal di wilayah misi diplomatik selama bertahun-tahun, ketika dia hanya bisa mendapatkan udara segar dengan pergi ke balkon selama beberapa menit, bagaimana dia diisolasi dari seluruh dunia," kata Zakharova. "Kami melihat bagaimana polisi Inggris, tampaknya polisi paling liberal di dunia, menyeret [dia] keluar dengan tangan dan kaki. Kami melihat dia dimasukkan ke dalam semacam kendaraan dan dibawa pergi, dan kami mengerti bahwa dunia bebas akan tidak melihatnya lagi."

Sebelumnya pada hari Jumat dilaporkan bahwa Menteri Dalam Negeri Inggris Priti Patel telah menyetujui ekstradisi Assange ke Amerika Serikat. WikiLeaks mengatakan akan mengajukan banding atas keputusan tersebut.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X