• Minggu, 25 September 2022

Kontak AS dengan Amerika Latin Menunjukkan Doktrin Monroe Berhenti Bekerja

- Sabtu, 18 Juni 2022 | 21:59 WIB
Alexander Shchetinin, direktur departemen Amerika Latin Kementerian Luar Negeri
Alexander Shchetinin, direktur departemen Amerika Latin Kementerian Luar Negeri

Jakarta, HanTer - Alexander Shchetinin, direktur departemen Amerika Latin Kementerian Luar Negeri, pada hari Sabtu (18/6/2022) mengatakan bahwa KTT Amerika baru-baru ini menunjukkan Doktrin Monroe tidak lagi berfungsi, bahkan ketika AS mengambil langkah untuk menghidupkannya kembali.

“Jika kita melihat hasil praktis [dari KTT], maka, pertama-tama, diskusinya sangat spesifik, masalah yang sama sekali non-global,” katanya seperti dilansir TASS, di sela-sela Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg. "Ini mungkin bukan kebetulan, karena jangkauan global yang dulu menjadi ciri khas hubungan antara Amerika Serikat dan negara-negara Amerika Latin, sekarang tidak mungkin."

"Ada China di kawasan itu, ada Rusia, ada negara lain yang hadir di sana," lanjutnya. "Dan yang paling penting, Doktrin Monroe tidak lagi bekerja dalam bentuk yang mereka coba untuk menghidupkannya kembali. Dan KTT Amerika telah menunjukkannya dengan jelas."

Dalam sebuah pidato di Kongres pada bulan Desember 1823, Presiden AS James Monroe mendeklarasikan prinsip-prinsip kebijakan luar negeri negara tersebut, yang kemudian dikenal sebagai Doktrin Monroe. Salah satu ketentuan utamanya adalah pembagian ruang politik dunia ke dalam sistem Eropa dan Amerika.

Shchetinin juga mengatakan KTT diadakan dalam format terpotong, karena, "menyalahgunakan haknya sebagai penyelenggara", Amerika Serikat tidak mengirim undangan ke Kuba, Nikaragua dan Venezuela, dan para pemimpin El Salvador dan Guatemala juga tidak datang.

"Aspek kedua adalah kami melihat bahwa agenda dan cara KTT diselenggarakan sejalan dengan pembangunan model Amerika-sentris tertentu di kawasan itu," kata diplomat itu. “Hal ini dilakukan baik dari segi agenda, maupun dari segi klub undangan, termasuk dari kalangan bisnis, media, dan lembaga swadaya masyarakat. Gagasan yang diusung adalah eksklusivitas daerah tertentu dalam hal masalah demokrasi tertentu dan sebagainya."

Summits of the Americas adalah pertemuan kepala negara dan pemerintahan negara-negara Belahan Barat, yang diadakan setiap beberapa tahun di bawah naungan Organisasi Negara-negara Amerika, yang menyatukan lebih dari 30 negara. Tahun ini forum tersebut diselenggarakan oleh Amerika Serikat. Delegasi Kuba, Nikaragua dan Venezuela tidak diundang ke pertemuan itu. Para pemimpin Meksiko dan sejumlah negara Amerika Latin lainnya menolak untuk berpartisipasi dalam KTT tersebut.

Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg yang diselenggarakan oleh Roscongress Foundation berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Juni. Forum tahun ini dijuluki 'Peluang Baru di Dunia Baru'. Forum UKM, Forum Bisnis Kreatif, Forum Keamanan Narkoba, Dialog Junior SPIEF dan Pekan Olahraga SPIEF juga akan menjadi bagian dari acara SPIEF.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB

Raja Charles III, Pecinta Akademik Pendobrak Tradisi

Jumat, 9 September 2022 | 07:22 WIB
X