• Rabu, 28 September 2022

Jelang Musim Dingin, Ukraina Tangguhkan Ekspor Batu Bara dan Gas

- Rabu, 8 Juni 2022 | 15:20 WIB
Presiden Ukraina Vladimir Zelensky
Presiden Ukraina Vladimir Zelensky

Jakarta, HanTer - Presiden Ukraina Vladimir Zelensky mengumumkan jika negaranya menangguhkan semua ekspor batu bara dan gas menjelang apa yang disebutnya sebagai "musim dingin paling sulit selama tahun-tahun kemerdekaan."

“Akibat perang, memang akan menjadi musim dingin yang paling sulit selama tahun-tahun kemerdekaan," ucapnya dalam sebuah tautan video yang diposting di saluran Telegram-nya.

"Selama periode ini, kami tidak akan menjual gas dan batu bara kami ke luar negeri. Semua produksi dalam negeri akan fokus untuk memenuhi permintaan internal,” tambah Zelensky.

Di sisi lain, Perdana Menteri Denis Shmygal mengatakan produksi batu bara sebelumnya di tambang yang dikelola negara Ukraina telah menurun sepertiga sejak akhir Februari dan merekomendasikan "untuk bersiap menghadapi musim pemanasan paling sulit di Ukraina."

Pemerintah menugaskan perusahaan minyak dan gas milik negara Naftogaz untuk mengumpulkan setidaknya 19 miliar meter kubik gas di fasilitas penyimpanan bawah tanah Ukraina.

Menurut Shmygal, Ukraina menyelesaikan musim pemanasan sebelumnya dengan 9 miliar meter kubik gas tersisa di penyimpanannya. Pada 1 Juni, negara itu memiliki 10 miliar meter kubik gas yang tersedia.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X