• Rabu, 29 Juni 2022

China Sebut AS Kirim Senjata Senilai 70 Miliar Dolar Amerika ke Taiwan

- Senin, 23 Mei 2022 | 21:56 WIB
Sistem roket peluncuran ganda HIMARS milik AS
Sistem roket peluncuran ganda HIMARS milik AS

Jakarta, HanTer - Nilai total pengiriman senjata AS ke Taiwan telah melebihi 70 miliar dolar Amerika Serikat. Hal tersebut diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan pada konferensi pers pada hari Senin (23/5/2022).

Ia pun mengatakan jika jumlah tersebut melanggar komitmen AS untuk secara bertahap mengurangi pasokan senjata ke Taiwan.

"Penjualan senjata AS ke Taiwan terus tumbuh baik dalam volume maupun kualitas. Nilai total mereka telah melebihi $70 miliar. Itu melanggar komitmen AS untuk secara bertahap mengurangi pasokan senjata ke Taiwan," katanya.

Taiwan telah diperintah oleh pemerintahan lokalnya sejak 1949 ketika sisa pasukan Kuomintang yang dipimpin oleh Chiang Kai-shek (1887-1975) dikalahkan dalam Perang Saudara Tiongkok dan berlindung di pulau itu.

Taiwan telah melestarikan bendera dan beberapa simbol Republik Tiongkok lainnya yang telah ada sebelum Komunis mengambil alih daratan. Beijing menganggap pulau itu sebagai salah satu provinsinya.

AS memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan pada 1979 dan menjalinnya dengan China. Mengakui kebijakan satu China, Washington terus mempertahankan kemitraan dengan pulau itu.

Seperti diketahui, AS merupakan pemasok senjata utama Taiwan. Pada bulan April tahun ini, Departemen Luar Negeri menyetujui kesepakatan $95 juta untuk melayani sistem rudal anti-pesawat Patriot.

Di tahun-tahun mendatang, Washington berjanji untuk menjual tank Taipei M2A2 Abrams, jet tempur F-16V, sistem roket peluncuran ganda HIMARS, drone, rudal jelajah, ranjau laut, dan peralatan lainnya.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X