• Rabu, 29 Juni 2022

Militer Eropa Tidak akan Beri Keamanan yang Lebih Besar Kepada UE

- Senin, 23 Mei 2022 | 21:37 WIB
Ilustrasi tentara NATO
Ilustrasi tentara NATO

Jakarta, HanTer - Juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov, pada hari Senin menyebutkan jika implementasi gagasan kepala diplomasi Eropa Josep Borrell untuk membentuk tentara Eropa tidak akan meningkatkan keamanan di benua itu.

"Kami tahu bahwa Tuan Borrel bukanlah pendukung metode diplomatik untuk menyelesaikan perselisihan. Bertentangan dengan jabatan yang dia ambil, dia terus-menerus dan secara terbuka menunjukkan komitmennya untuk bertindak dari posisi yang kuat," kata Peskov kepada media yang mengingat pernyataan Borrell bahwa masalah Ukraina harus diselesaikan di medan perang.

Tentang pernyataan Borrell yang mendukung pembentukan tentara Eropa, Peskov mengatakan bahwa ide tersebut menyiratkan militerisasi UE dan peningkatan potensi militer Ukraina. "Inilah yang tidak akan mendorong keamanan dan stabilitas di benua Eropa," kata Peskov.

Pada blognya hari Minggu sebelumnya, Borrell mengatakan bahwa Uni Eropa membutuhkan pasukannya sendiri untuk menjaga keamanannya.

Menurut Borrell, lingkungan keamanan saat ini adalah bukti nyata bahwa Uni Eropa harus memikul tanggung jawab yang lebih besar untuk keamanannya.

Untuk ini, katanya, aliansi membutuhkan tentara Eropa yang up-to-date dan kompatibel, yang akan berusaha untuk membangun kemampuannya.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X