• Selasa, 6 Desember 2022

Rusia Dilaporkan Alami Banyak Hambatan di Ukraina

- Selasa, 17 Mei 2022 | 02:38 WIB
Tentara Ukraina saat bersiap menghalau serangan Rusia
Tentara Ukraina saat bersiap menghalau serangan Rusia

Jakarta, HanTer - Eropa terus mendorong untuk memperkuat tanggapannya terhadap invasi Moskow ke Ukraina, dengan Swedia bersama Finlandia memutuskan untuk bergabung dalam keanggotaan NATO dan pejabat Uni Eropa bekerja untuk menyelamatkan sanksi yang diusulkan terhadap minyak Rusia.

Pasukan Ukraina dilaporkan memukul mundur upaya kemajuan Rusia dan bahkan menggulingkan garis depan di beberapa tempat. Dalam beberapa hari terakhir, pasukan Moskow mundur dari sekitar kota timur laut Kharkiv setelah berminggu-minggu pengeboman.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengucapkan terima kasih kepada pasukannya yang mendorong sampai ke perbatasan Rusia di wilayah Kharkiv. "Saya sangat berterima kasih kepada Anda, atas nama semua warga Ukraina, atas nama saya dan atas nama keluarga saya. Saya sangat berterima kasih kepada semua petarung seperti Anda," katanya dalam pesan video.

Penjaga perbatasan Ukraina mengatakan mereka mengalahkan upaya Rusia untuk mengirim pasukan sabotase dan pengintaian ke wilayah Sumy, sekitar 146 kilometer barat laut Kharkiv.

Dan secercah harapan muncul bagi pasukan Ukraina yang terluka yang terperangkap di reruntuhan pabrik baja raksasa yang dibom, benteng perlawanan terakhir di kota pelabuhan Mariupol.
Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan kesepakatan bagi yang terluka untuk meninggalkan pabrik baja untuk perawatan di sebuah kota yang dikuasai oleh separatis pro-Moskow.

Tidak ada konfirmasi langsung dari pihak Ukraina, dan tidak ada kabar apakah yang terluka akan dianggap sebagai tawanan perang. Juga tidak jelas berapa banyak pejuang yang mungkin dievakuasi.

Saat pertempuran berkecamuk di Ukraina timur, respons internasional terhadap Rusia meningkat. Swedia mengumumkan akan mencari keanggotaan NATO, menyusul keputusan serupa dari tetangganya Finlandia. Itu akan menjadi pergeseran bersejarah di benua Eropa bagi kedua negara, nonblok selama beberapa generasi.

Presiden Rusia Vladimir Putin, yang meluncurkan invasi 24 Februari dalam apa yang dia katakan sebagai upaya untuk memeriksa ekspansi NATO tetapi sekarang melihat strategi itu menjadi bumerang, memperingatkan bahwa penumpukan militer di wilayah Finlandia dan Swedia “tentu saja akan menimbulkan reaksi kami. sebagai tanggapan.”

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan proses keanggotaan untuk keduanya bisa sangat cepat, meskipun Turki yang juga merupakan anggota, telah menyatakan beberapa keberatannya.

Sementara itu, Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson mengatakan bergabung dengan aliansi militer beranggotakan 30 negara itu adalah pertahanan terbaik negaranya dalam menghadapi perilaku Rusia. “Sayangnya, kami tidak memiliki alasan untuk percaya bahwa tren (tindakan Rusia) akan berbalik di masa mendatang,” katanya.

Eropa juga bekerja untuk menghentikan pendanaan untuk perang Kremlin dengan mengurangi miliaran dolar yang dihabiskan untuk impor energi Rusia.

Namun embargo UE yang diusulkan menghadapi tantangan dari sekelompok kecil negara yang bergantung pada impor Rusia, termasuk Hongaria, Republik Ceko, dan Slovakia. Bulgaria juga memiliki reservasi.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk membuka blokir situasi. Saya tidak bisa memastikan itu akan terjadi karena posisinya cukup kuat," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell.

Rusia telah diganggu oleh kemunduran dalam perang, yang paling mencolok adalah kegagalannya sejak awal untuk merebut ibukota Kyiv. Sejak itu, sebagian besar pertempuran telah bergeser ke Donbas, jantung industri timur Ukraina, tetapi itu juga telah berubah menjadi kerja keras.

Kedua belah pihak telah berperang desa demi desa. Pasukan Ukraina telah mengalahkan Rusia tetapi juga mengalami kerugian. Hermansyah

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Iran Resmikan Pembangunan PLTN Kapasitas 300 Megawat

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:59 WIB

AS Disebut Biarkan Eropa Tanggung Konsekuensi Krisis

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:18 WIB

Elon Musk Pasang Foto Pemakaman, #RIPTwitter Trending

Jumat, 18 November 2022 | 13:04 WIB
X