• Selasa, 6 Desember 2022

Mencegah Ancaman dari Keanggotaan Swedia di NATO, Rusia akan Ambil Langkah-langkah Tanggapan

- Selasa, 17 Mei 2022 | 02:22 WIB
Ilustrasi bendera Swedia dan NATO
Ilustrasi bendera Swedia dan NATO


Jakarta, HanTer - Rusia akan mengambil langkah-langkah dalam menanggapi aksesi Swedia ke NATO, yang akan tergantung pada persyaratan integrasi negara itu ke dalam aliansi, Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam pernyataan pers, kemarin.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan jika aksesi Swedia ke NATO akan membahayakan keamanan Eropa Utara dan benua Eropa pada umumnya. "Rusia harus mengambil langkah-langkah respons teknis militer dan sifat lainnya untuk mencegah ancaman terhadap keamanan nasionalnya yang berasal darinya," kata kementerian itu.

"Dalam hal ini, banyak yang akan bergantung pada persyaratan konkret integrasi Swedia ke dalam aliansi Atlantik Utara, termasuk kemungkinan penyebaran senjata ofensif blok militer ini di wilayah Swedia," tambah kementerian.

Lebih lanjut Kementerian Luar Negeri Rusia menyebutkan jika kursus kebijakan luar negeri Stockholm, yang bertumpu pada tradisi netralitas Swedia selama lebih dari 200 tahun, telah menjadi faktor utama stabilitas dan kepercayaan di kawasan Laut Baltik selama beberapa dekade.

Pada saat yang sama, ia mengingatkan jika pihak Rusia telah berulang kali mengatakan bahwa pilihan alat untuk memastikan keamanan nasional adalah urusan domestik negara mana pun.

"Bagaimanapun, keanggotaan di NATO tidak akan meningkatkan keamanan Swedia setidaknya karena tidak ada yang mengancam negara ini. Tapi itu jelas akan menyebabkan hilangnya kedaulatan dalam membuat keputusan kebijakan luar negeri," katanya.

"Di pihak kami, kami yakin bahwa pilihan yang dibuat oleh politisi yang berkuasa saat ini di Swedia tidak memenuhi kepentingan jangka panjang rakyat Swedia," pungkas pernyataan tersebut.

Pemerintah Swedia pada hari Senin membuat keputusan resmi untuk mengajukan keanggotaan NATO. Menurut perdana menteri Swedia, aplikasi akan diajukan bersama dengan Finlandia dalam waktu dekat. Hermansyah

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Iran Resmikan Pembangunan PLTN Kapasitas 300 Megawat

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:59 WIB

AS Disebut Biarkan Eropa Tanggung Konsekuensi Krisis

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:18 WIB

Elon Musk Pasang Foto Pemakaman, #RIPTwitter Trending

Jumat, 18 November 2022 | 13:04 WIB
X