• Senin, 8 Agustus 2022

China Protes G7 atas Pernyataan di Taiwan dan Xinjiang

- Senin, 16 Mei 2022 | 16:07 WIB
Ilustrasi negara kelompok G7
Ilustrasi negara kelompok G7

Jakarta, HanTer - Pihak berwenang China menyatakan protes kepada negara-negara Kelompok Tujuh (G7) atas pernyataan mereka di Taiwan dan Daerah Otonomi Uighur Xinjiang. Hal tersebut diungkapkan juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada hari Senin (16/5/2022).

"China menyatakan protes tegas kepada para pemimpin negara G7. Sikap kami tentang masalah Taiwan dan campur tangan eksternal dalam urusan Hong Kong dan juga Xinjiang adalah tegas," ucap Zhao Lijian kepada wartawan

Menurut diplomat itu, upaya negara-negara G7 untuk memfitnah China, menuduhnya melanggar hak asasi manusia, tidak akan berhasil. "Kami mendesak agar Kelompok Tujuh berhenti mencampuri urusan dalam negeri China," pungkasnya.

Pekan lalu, para menteri luar negeri G7 menyatakan keprihatinan atas situasi hak asasi manusia di China, khususnya di Daerah Otonomi Uygur Xinjiang dan Tibet. Mereka juga menyatakan ketidakpuasan dengan situasi di Hong Kong.

Adapun Taiwan, diplomat top G7 mencatat "pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan" dan mendorong resolusi damai dari masalah yang ada.

Di sisi lain, Zhao Lijian juga mengatakan jika Beijing telah mendesak G7 untuk fokus pada perdamaian, berhenti menjatuhkan sanksi ilegal dan memprovokasi apa yang disebut revolusi warna di negara lain.

“Kami menyerukan kepada negara-negara G7 untuk benar-benar fokus pada perdamaian dan pembangunan di seluruh dunia, untuk berhenti menerapkan standar ganda, untuk berhenti mengirim pesawat dan kapal militer ke perbatasan negara lain dengan atau tanpa alasan untuk menunjukkan kekuatan mereka,” tambah Zhao.

Diplomat itu juga mendesak tujuh negara untuk "berhenti pergi ke negara lain untuk mengorganisir 'revolusi warna' di setiap kesempatan, berhenti menjatuhkan sanksi ilegal pada negara lain atau menggunakan yurisdiksi ekstrateritorial."

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X