• Selasa, 6 Desember 2022

Swedia Menentang Penempatan Nuklir dan Pangkalan NATO di Tanahnya

- Senin, 16 Mei 2022 | 15:57 WIB
Ilustrasi Swedia
Ilustrasi Swedia


Jakarta, HanTer - Partai Pekerja Sosial Demokrat Swedia yang berkuasa mendukung masuknya negara itu ke dalam NATO. Meski demikian ada satu syarat yang harus dipenuhi, di mana aliansi tersebut tidak boleh menempatkan senjata nuklir dan pangkalan permanen di wilayah kerajaan.

Pernyataan yang relevan telah diposting di situs web kekuatan politik ini. "Dewan partai pada pertemuannya pada 15 Mei 2022 memutuskan bahwa partai akan bekerja menuju Swedia untuk mengajukan keanggotaan di NATO," kata Sosial Demokrat dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Tass, Senin (16/5/2022).

Pada saat yang sama Swedia menyatakan penolakan sepihak terhadap penyebaran senjata nuklir dan pangkalan permanen di wilayah Swedia.

Pada 13 Mei, sebuah laporan parlemen lintas partai dirilis di negara itu, yang menyimpulkan bahwa keanggotaan NATO akan meningkatkan tingkat keamanan kerajaan.

Perdebatan tentang dokumen ini akan diadakan di Parlemen pada 16 Mei, pada hari yang sama pemerintah Swedia akan mengadakan pertemuan tambahan untuk membuat keputusan resmi tentang aplikasi untuk bergabung dengan aliansi. Menurut surat kabar Svenska Dagbladet, kerajaan dapat mengirim dokumen ke Brussel pada 17 Mei.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Iran Resmikan Pembangunan PLTN Kapasitas 300 Megawat

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:59 WIB

AS Disebut Biarkan Eropa Tanggung Konsekuensi Krisis

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:18 WIB

Elon Musk Pasang Foto Pemakaman, #RIPTwitter Trending

Jumat, 18 November 2022 | 13:04 WIB
X