• Rabu, 28 September 2022

Linda Thomas-Greenfield Utusan AS untuk PBB Terus Lakukan Upaya Mengisolasi Rusia

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 20:37 WIB
Linda Thomas-Greenfield Utusan AS untuk PBB
Linda Thomas-Greenfield Utusan AS untuk PBB

Jakarta, HanTer - Washington DC menyebut tidak ada perubahan dalam status Rusia sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB pada saat ini, tetapi akan melanjutkan upaya untuk mengisolasi Moskow, Perwakilan Tetap PBB untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan dalam sebuah wawancara dengan PBS.

“Saya sangat sadar dan sangat bersimpati pada pandangan presiden Ukraina bahwa Dewan, dalam pandangannya, lambat bertindak, tetapi kami telah mengambil tindakan yang cukup agresif terhadap Rusia sejak ini dimulai, dan kami akan terus melakukan itu," tegas Linda Thomas-Greenfield.

“Saya juga mengetahui permintaan Ukraina, untuk melihat kembali kursi permanen Rusia di Dewan Keamanan. Tetapi sekali lagi, Rusia memiliki kursi permanen, dan saya tidak melihat pada saat ini akan ada perubahan apa pun dalam hal itu, tetapi kami akan melanjutkan upaya kami untuk mengisolasi mereka," tambah Thomas-Greenfield.

Dia juga mengatakan jika Rusia telah mengancam untuk menggunakan senjata nuklir sebelumnya. “Mereka juga menggunakan tuduhan palsu terhadap Amerika Serikat dan Ukraina dalam hal penggunaan senjata kimia dan kami tahu bahwa mereka mampu menggunakan senjata kimia. Mereka telah menggunakannya di Suriah. Jadi kita harus menganggap serius ancaman itu," klaimnya.

Kedutaan Rusia di AS sebelumnya menyatakan bahwa tuduhan Washington terhadap Rusia melanggar Konvensi Senjata Kimia tidak berdasar.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayor Jenderal Igor Konashenkov, sebaliknya, mengatakan bahwa Dinas Keamanan Ukraina, yang didukung oleh negara-negara Barat, sedang merencanakan operasi bendera palsu yang melibatkan zat beracun terhadap warga sipil untuk menyalahkan Rusia.

Konashenkov menekankan bahwa pasukan Rusia yang ambil bagian dalam operasi militer khusus di Ukraina tidak menggunakan senjata kimia.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Peraturan Unik di Jepang Bikin Geleng Kepala

Selasa, 27 September 2022 | 20:07 WIB

Pemakaman Kenegaraan Ratu Elizabeth 19 September

Minggu, 11 September 2022 | 08:17 WIB
X