• Rabu, 10 Agustus 2022

Rusia Gelar Latihan Udara untuk Parade Hari Kemenangan ke-77 Tahun Uni Soviet atas Nazi Jerman

- Rabu, 4 Mei 2022 | 21:10 WIB
Latihan udara militer Rusia jelang Parade Hari Kemenangan ke-77 Tahun Uni Soviet atas Nazi Jerman
Latihan udara militer Rusia jelang Parade Hari Kemenangan ke-77 Tahun Uni Soviet atas Nazi Jerman

Jakarta, HanTer - Pesawat tempur dan helikopter Rusia berlatih terbang dalam formasi parade dalam latihan Parade Hari Kemenangan mendatang di Lapangan Merah Moskow.

Rusia akan mengadakan Parade Kemenangan tradisional pada 9 Mei mendatang di Lapangan Merah Moskow untuk merayakan ulang tahun ke-77 kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Patriotik Hebat 1941-1945.

Bagian udara dari parade militer di Lapangan Merah akan menampilkan 77 pesawat sayap tetap dan sayap putar untuk mewakili jumlah tahun yang telah berlalu sejak akhir Perang Patriotik Hebat.

Selama latihan bagian udara dari parade militer, sebuah pos komando strategis 'kiamat' Il-80 yang dikawal oleh dua pesawat tempur MiG-29 terbang di atas Moskow.

Latihan udara itu juga mencakup pembom pembawa rudal strategis Tu-95MS yang dikawal oleh pesawat tempur Su-35S dan pembom strategis Tu-160 'White Swan' yang terbang bersama pesawat tanker pengisian bahan bakar udara Il-78.

Pembom jarak jauh Tu-22M3, pesawat tempur generasi kelima MiG-31I dan MiG-31BM dan Su-57 terbaru juga terbang di atas Moskow dalam latihan bagian udara dari parade militer.

Delapan jet MiG-29SMT terbang di atas Lapangan Merah Moskow dalam formasi penerbangan yang menyerupai huruf Z untuk mendukung pasukan Rusia yang berpartisipasi dalam operasi militer khusus di Ukraina.

Sembilan pesawat kelompok aerobatik Russkiye Vityazi (Ksatria Rusia) dan Strizhi (Swifts) melakukan aksi 'Kubinka Diamond' di atas pusat kota Moskow dan enam pesawat serang darat Su-25 mengeluarkan asap berwarna bendera tiga warna nasional Rusia.

Parade militer pada 9 Mei akan berlangsung di 28 kota Rusia dan melibatkan sekitar 65.000 personel dan lebih dari 460 pesawat, kata Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu, Rabu (4/5/2022). "Tahun ini, parade militer akan berlangsung di 28 kota Rusia," kata kepala pertahanan pada pertemuan dengan komandan militer.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X