• Rabu, 10 Agustus 2022

Paus Fransiskus Sebut Tindakan NATO di Perbatasan Rusia Hanya Timbulkan Provokasi

- Selasa, 3 Mei 2022 | 22:15 WIB
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus

Vatikan, HanTer - Paus Fransiskus tidak mengesampingkan bahwa NATO memainkan peran negatif dalam eskalasi krisis Ukraina.

“[Mungkin], NATO menggonggong di depan pintu Rusia menyebabkan reaksi Kremlin. Kemarahan, saya tidak tahu apakah itu diprovokasi tetapi mungkin difasilitasi,” katanya dalam sebuah wawancara dengan Corriere della Sera pada hari Selasa (3/4/2022) waktu setempat.

"Seseorang tidak dapat berpikir bahwa satu negara bebas dapat berperang di negara bebas lainnya," kata Paus sambil mengulangi tesisnya tentang Perang Dunia Ketiga.

"Sedikit demi sedikit. Saya hanya menyatakan kenyataan. Suriah, Yaman, Irak, di Afrika ada perang satu demi satu. Dan kepentingan internasional berdiri di belakang semuanya," jelasnya. "Di Ukraina, konflik diciptakan oleh orang lain," tambah Paus.

Pada 24 Februari, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam pidato yang disiarkan televisi bahwa sebagai tanggapan atas permintaan para kepala republik Donbass.

Dia telah membuat keputusan untuk melakukan operasi militer khusus untuk melindungi orang-orang "yang telah menderita pelecehan. dan genosida oleh rezim Kiev selama delapan tahun."

Pemimpin Rusia menekankan bahwa Moskow tidak memiliki rencana untuk menduduki wilayah Ukraina. Setelah ini, AS, UE, Inggris, dan sejumlah negara lain mengumumkan penerapan sanksi terhadap badan hukum dan perusahaan swasta Rusia.

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Terkini

X