• Rabu, 10 Agustus 2022

AS Peringatkan Warganya Agar Tidak Berperang di Ukraina, Setelah Warga Amerika Terbunuh

- Jumat, 29 April 2022 | 23:39 WIB
Juru bicara Pentagon John Kirby 
Juru bicara Pentagon John Kirby 

Jakarta, HanTer - Departemen Pertahanan AS pada hari Jumat (29/4/2022) memperingatkan warga Amerika Serikat agar tidak pergi ke Ukraina untuk bergabung dalam perang melawan invasi Rusia setelah seorang mantan marinir tewas.

"Kami terus mendesak orang Amerika untuk tidak pergi ke Ukraina. Ini adalah zona perang aktif, ini bukan tempat untuk bepergian," kata juru bicara Pentagon John Kirby, sehari setelah muncul laporan kematian Willy Joseph Cancel.

Kirby menyatakan belasungkawa untuk keluarga Cancel dan mengatakan dia memahami "motif altruistiknya," sambil menggarisbawahi bahwa ada cara untuk mendukung Ukraina "dengan cara yang aman dan efektif."

Dia menambahkan bahwa Pentagon tidak memiliki informasi tentang bagaimana Cancel dibunuh.

Sementara itu, Ibu Cancel, Rebecca Cabrera, mengatakan bahwa putranya yang berusia 22 tahun terbunuh pada hari Senin lalu di Ukraina, saat bekerja dengan kontraktor militer swasta, setelah melakukan perjalanan ke sana pada pertengahan Maret. Dia mengatakan jenazah putranya belum ditemukan.

Dia meninggalkan seorang istri dan anak mereka, yang belum berusia satu tahun. Istrinya, Brittany Cancel, mengatakan bahwa suaminya sangat ingin menjadi sukarelawan untuk pergi ke Ukraina. "Dia pergi ke sana ingin membantu orang," katanya.

Awal setelah invasi Rusia, diluncurkan pada 24 Februari, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta orang asing untuk menjadi sukarelawan untuk memperjuangkan negaranya.

Pada bulan Maret, kementerian luar negeri Ukraina mengatakan puluhan ribu sukarelawan dari puluhan negara telah menjawab panggilan tersebut.

London pada hari Kamis melaporkan apa yang diyakini sebagai kematian pertama seorang warga Inggris yang bertempur dalam konflik tersebut. Warga Inggris lainnya juga hilang.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X