• Sabtu, 13 Agustus 2022

Ledakan di Masjid Khalifa Sahib di Kabul Tewaskan Puluhan Jemaah

- Jumat, 29 April 2022 | 23:07 WIB
Tangkapan layar dari video yang beredar di media sosial, jemaah yang selamat dari ledakan bom keluar dari Masjid Khalifa Sahib, Kabul, Afghanistan, Jumat (29/4/2022).
Tangkapan layar dari video yang beredar di media sosial, jemaah yang selamat dari ledakan bom keluar dari Masjid Khalifa Sahib, Kabul, Afghanistan, Jumat (29/4/2022).

Jakarta, HanTer - Sebuah ledakan dahsyat menewaskan puluhan jemaah setelah Sholat Jumat di sebuah Masjid di Kabul, di tengah serangkaian serangan terhadap sasaran sipil di Afghanistan selama bulan suci Ramadhan.

Ledakan itu menghantam Masjid Khalifa Sahib di barat ibu kota pada sore hari, kata Besmullah Habib, wakil juru bicara kementerian dalam negeri, yang mengatakan pejabat itu mengkonfirmasi jumlah korban tewas adalah 10 orang.

Serangan itu terjadi saat jamaah di masjid Sunni berkumpul setelah Sholat Jumat untuk jemaah yang dikenal sebagai Zikr - sebuah kelompok zikir yang dilakukan oleh beberapa Muslim tetapi dipandang sesat oleh beberapa kelompok Sunni garis keras.

Sayed Fazil Agha, kepala masjid, mengatakan seseorang yang mereka yakini sebagai pelaku bom bunuh diri bergabung dengan mereka dalam upacara tersebut dan meledakkan bahan peledak.

"Asap hitam membumbung dan menyebar ke mana-mana, mayat ada di mana-mana. Saya sendiri selamat, tetapi kehilangan orang yang saya cintai," katannya dan menambahkan bahwa keponakannya termasuk di antara yang tewas.

Mohammad Sabir, seorang warga di daerah itu, mengatakan dia melihat orang-orang dimasukkan ke dalam ambulans setelah ledakan itu. "Ledakannya sangat keras, saya pikir gendang telinga saya pecah," katanya.

Rumah Sakit Darurat di pusat kota Kabul mengatakan sedang merawat 20 pasien yang terluka dalam ledakan itu.

Seorang perawat di rumah sakit terdekat yang menolak disebutkan namanya mengatakan mereka telah menerima beberapa orang yang terluka dalam kondisi kritis akibat serangan itu.

Puluhan warga sipil Afghanistan telah tewas dalam beberapa pekan terakhir dalam ledakan, beberapa di antaranya telah diklaim oleh ISIS.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Salman Rushdie Ditikam di New York

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:06 WIB
X