• Selasa, 6 Desember 2022

Presiden Prancis Emmanuel Macron Akhirnya Sebut Rusia Lakukan Genosida atas Invasi ke Ukraina

- Kamis, 14 April 2022 | 21:53 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron
Presiden Prancis Emmanuel Macron


Jakarta, HanTer - Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Kamis (14/4/2022), menuduh Rusia telah melakukan genosida di Ukraina.

"Kata genosida memiliki arti dan perlu dicirikan secara hukum, bukan oleh politisi," kata Macron kepada radio France Bleu selama perjalanan ke Prancis utara.

“Negara-negara yang menganggap bahwa itu adalah genosida memiliki kewajiban di bawah hukum internasional untuk campur tangan. Apakah itu yang diinginkan orang? Saya rasa tidak,” jelasnya.

Itu berarti menjadi "berperang bersama" dalam perang, katanya, yang berpotensi menarik negara-negara Barat dalam aliansi militer NATO ke dalam konflik.

"Setiap orang perlu menjaga rasa proporsional, itu tidak membantu Ukraina untuk memasuki eskalasi verbal tanpa menarik semua kesimpulan," tambahnya.

Macron mengungkapkan bahwa dia telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Kamis pagi yang telah berjanji untuk membahas penggunaan istilah genosida.

Sebelumnya pada hari Rabu, Zelenskyy telah mempermasalahkan penolakan Macron untuk menggunakan kata genosida dan deskripsinya tentang Ukraina dan Rusia sebagai “orang-orang bersaudara.” “Hal-hal seperti itu sangat menyakitkan bagi kami,” kata Zelenskyy.

Zelenskyy telah berulang kali mencap serangan militer Rusia sebagai "genosida", sebuah istilah yang pertama kali diciptakan oleh pengacara Polandia Raphael Lemkin pada 1940-an.

Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga menggunakan kata itu, tetapi yang lain seperti Macron dan pemimpin Jerman Olaf Scholz telah menghindarinya.

Akan tetapi, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menolak menyebut genosida. “Genosida didefinisikan secara ketat dalam hukum internasional. Dan untuk PBB, kami bergantung pada keputusan hukum final oleh badan peradilan yang sesuai,” katanya, Kamis.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Iran Resmikan Pembangunan PLTN Kapasitas 300 Megawat

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:59 WIB

AS Disebut Biarkan Eropa Tanggung Konsekuensi Krisis

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:18 WIB

Elon Musk Pasang Foto Pemakaman, #RIPTwitter Trending

Jumat, 18 November 2022 | 13:04 WIB
X